Minggu, 20 April 2014 20:12

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Ngopi Pagi Kurangi Pegal di Kantor

Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 7 September 2012 | 10:53 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Secangkir kopi di pagi hari bukan hanya efektif sebagai pembangkit semangat, namun juga bisa mengurangi rasa pegal yang dipicu oleh kebanyakan duduk di kantor.

Selain itu kebiasaan minum kopi juga bisa menurunkan rasa nyeri di persendian. Menurut penelitian manfaat tersebut timbul karena kafein akan merangsang reseptor yang bertugas menahan rasa sakit.

Dalam penelitian, para partisipan yang diminta duduk selama 90 menit dan mengerjakan tugas di komputer mengaku lebih jarang merasa sakit dan pegal apabila mereka minum kopi sebelum ke kantor. Selain pegal di bagian leher, pundak, tangan, dan pergelangan tangan juga berkurang.

Para partisipan tersebut adalah 48 karyawan tetap yang banyak menghabiskan waktu di belakang meja. Para peneliti meminta partisipan untuk minum kopi setiap pagi saat sarapan, tapi hanya dibatasi satu cangkir.

Kemudian para partisipan melakukan pekerjaan di komputer selama 1,5 jam, termasuk mengetik dokumen tanpa kesalahan ketik. Mereka juga tidak diperbolehkan berhenti dan setiap beberapa waktu diukur rasa nyeri atau pegal yang mungkin dirasakan.

Walau para peminum kopi dan yang bukan tetap merasakan pegal di bagian tubuhnya selama bekerja, namun kelompok peminum kopi mengaku rasa pegal di persendian dirasa lebih ringan.

 


Sumber :
Indian Express

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui