Kamis, 18 September 2014 16:41

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Pertolongan Pertama Atasi Pendarahan

Sabtu, 8 September 2012 | 09:23 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

KOMPAS.com - Jika Anda mendapati teman atau orang lain mengalami perdarahan akibat kecelakaan kecil maupun serius, cobalah melakukan pertolongan pertama terhadapnya. Pertolongan sederhana yang dapat dilakukan adalah menghentikan darah dengan cara menekan luka.

Luka yang ditekan secara terus menerus sedikit banyak mengurangi kucuran darah. Jangan pernah melepas tekanan hingga beberapa menit. Apabila luka tersebut terdapat di kaki atau tangan, naikkan posisinya lebih tinggi dari kepala. Cara ini tidak bahaya karena dapat mengurangi aliran darah. Jika luka seseorang terjadi di sekitar telapak tangan dan jari-jari tangan, tekanlah nadi di pergelangan tangannya.

Luka di lengan bisa dibantu dengan menekan nadi yang ada di ketiak. Kemudian tekan nadi yang terdapat di pangkal paha bagian depan agak ke bawah dengan bagian belakang telapak tangan Anda. Apabila luka terletak di wajah, maka tekan jari Anda pada nadi di bawah rahang bawah. Anda bisa menekan nadi di samping kepala tepat di depan telinga jika luka seseorang berada pada kulit bagian atas kepala. Dan, luka di leher atau kepala bagian belakang dapat diatasi dengan menekan nadi di leher bawah telinga.

Cara menolongnya demikian, Anda bisa menggunakan saputangan atau kain unruk diikat di daerah sekitar luka terutama dekat pembuluh nadinya. Tujuannya, agar darah tidak mengalir terus menerus. Ikatan saputangan atau kain hendaknya cukup kuat untuk menghentikan perdarahan. Lepaslah ikatan setiap sepuluh menit selama satu menit.

Ketika ikatan dilepas dan Anda melihat darah tidak mengalir maka jangan diikat lagi. Selanjutnya, kompres bagian terluka tadi dengan kain yang steril lalu angkat bagian tubuh yang terluka lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya. Untuk perdarahan berat, cepatlah tekan luka kuat-kuat dengan kain bersih lalu balut dan segera meminta bantuan medis.

Sumber: 101 Pertolongan Pertama pada Kecelakaan oleh Shinta Margareta


Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui