Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2012, 10:07 WIB

TANYA :

Dok, saya adalah seorang wanita berumur 23 tahun dan sudah menikah. Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa ya, akhir-akhir ini setiap kali melakukan hubungan dengan suami, suka keluar darah dari vagina? Tetapi anehnya, tidak ada rasa sakit atau perih. Apakah hal ini suatu hal yang normal atau ada gangguan pada organ reproduksi saya?! Karena selama ini, saya tidak pernah mengalami hal yang begini. Terima Kasih...

(Nai, 23, Bandung)

JAWAB :

Keluarnya darah ketika melakukan hubungan seksual, dapat disebabkan oleh hal berikut. Pertama, adanya infeksi atau radang pada vagina atau mulut rahim. Kedua, karena tekanan atau kontraksi yang kuat.

Kalau karena ada infeksi atau radang, pada umumnya disertai rasa sakit atau tidak nyaman ketika melakukan hubungan seksual. Pada umumnya, juga disertai tanda atau gejala infeksi atau radang lainnya, seperti keputihan.

Kalau karena penyebab tekanan atau kontraksi ketika orgasme, biasanya tidak disertai rasa sakit dan gejala yang lain. Kalau keadaan ini terus atau sering terjadi, sebaiknya Anda mendapat pemeriksaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com