Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2012, 09:22 WIB

TANYA :

Prof, saya berencana untuk disunat dalam waktu dekat, untuk alasan kesehatan. Namun, jujur, saya agak merasa takut dan ragu untuk melakukannya karena saya menilai penis saya kecil, mungkin berhubungan dengan obesitas pada diri saya sejak kecil (saat keadaan normal/tidak ereksi panjang 4-6 cm diameter 2.5-3 cm, saat ereksi panjang 9-10 cm, diameter 3-3,5 cm). Yang saya ingin tanyakan adalah: 1. Berapa ukuran penis jika ingin disunat? 2. Jika memang penis saya tergolong kecil, apa tindakan yang perlu saya lakukan agar bisa normal? Suntik hormonkah? 3. Bagaimana dengan celana Vakoou, apakah benar bisa memperbesar penis? 4. Metode sunat apakah yang paling aman, cepat, dan tidak sakit? Mohon penjelasannya Prof.

(Kris, 24, Bandung)


JAWAB :

Karena saya tidak memeriksa secara langsung, saya tidak dapat pastikan apakah tindakan sunat akan terhambat karena obesitas Anda. Tetapi kalau benar ukuran penis Anda 4 cm dalam keadaan tidak ereksi, saya yakin sunat dapat dilakukan.

Mengenai metode, apapun yang dilakukan sedikit banyak akan menimbulkan rasa sakit. Tetapi mengenai ukuran penis, kalau benar dalam keadaan ereksi panjangnya 10 cm, saya pikir itu tergolong normal.Masalahnya, apakah perkembangan penis dan bagian kelamin lain telah berkembang normal atau tidak. Inilah yang perlu diperhatikan.

Kalau memang perkembangan kelamin Anda belum normal, ini berkaitan dengan hormon testosteron. Dalam keadaan begini, maka pengobatan hormon testosteron dapat membantu perkembangan kelamin. Tetapi untuk memastikan, tentu Anda memerlukan pemeriksaan yang benar.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com