Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2013, 12:20 WIB

TANYA : 

Dok, saya mengalami gangguan makan (bulimia) sudah 9 tahun terakhir. Setiap saya cemas dan ada masalah, saya makan berlebihan dan kemudian memuntahkanya akibatnya antara kerja otak dan tubuh tidak sejalan. Saya sering jatuh karena tidak konsen atau tidak seimbang. Setiap hari mengalami pusing dan mual dan khawatir berlebihan. Saya ingin menyudahi gangguan makan itu, tapi tetap saja tidak mampu. Tolong saya  Dok, bagaimana mengatasi masalah ini. Terima kasih atas jawabannya. 

(Agustini, 27, Singaraja, Bali)

JAWAB :

Agustini yang baik,

Kebanyakan pasien yang mengalami Bulimia memang biasanya juga mengalami kondisi yang terkait dengan masalah kejiwaan yang lain. Kebanyakan memang berhubungan dengan kecemasan akan bentuk tubuh yang dirasakan tidak ideal. Namun demikian ada juga yang mengalami Bulimia karena kondisi kecemasan yang luar biasa seperti yang dialami oleh saudari.

Beberapa gejala fisik yang saudari Agustini katakan kebanyakan adalah gejala-gejala psikosomatik. Kebanyakan dasar dari gejala psikosomatik adalah gangguan cemas dan depresi. Saya menyarankan saudari bisa berkunjung ke psikiater untuk mengobati dasar dari gangguan saudari.

Bulimia pada kasus saudari sepertinya merupakan bagian dari gejala psikosomatik yang dipicu oleh kecemasan yang dialami. Apalagi kondisi ini sudah berlangsung lebih dari 9 tahun. Ada baiknya segera melakukan tindakan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com