Sabtu, 30 Agustus 2014 07:10

KONSULTASI / KESEHATAN GIGI & MULUT - ARTIKEL

KONSULTASI KESEHATAN GIGI & MULUT

Bersama drg. Citra Kusumasari, SpKG

Menyelesaikan pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran Bandung, kemudian meraih gelar spesialisnya di Universitas Indonesia. Saat ini, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi ini, berpraktik di berbagai klinik di Jakarta. Ilmu Karies, Estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya. Praktik di Nurfa Praktek Dokter Gigi Spesialis. Jl. Anugerah Raya No. 35 C Jaticempaka Pondok Gede - Bekasi 17411 Telp. (021) 84978739

Risiko Operasi Mengangkat Benjolan pada Mulut

Jumat, 15 Maret 2013 | 09:53 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

TANYA :

Sebulan yang lalu, anak saya usia 2 tahun 9 bulan terjatuh, sehingga mengakibatkan luka pada bibir mulutnya berdarah dan membentuk benjolan (darah beku) yang tak kempes-kempes . Kemudian saya periksakan ke rumah sakit dan hasil diagnosanya granuloma. Dokter ahli gigi dan mulut menyarankan harus di operasi. Pertanyaan saya apakah penyakit ini sangat berbahaya sehingga harus di operasi dan tidak adakah penanganan lain selain harus di operasi. Dan kalau dioperasi, apakah seusia anak saya tidak berisiko, karena saya sangat khawatir dan ketakutan. Terimakasih dan mohon jawabannya. 

(Dewi, 30, Serang)
 
JAWAB :

Ibu Dewi yang baik,

Jika setelah menjalani pemeriksaan lengkap termasuk pemeriksaan histopatologis dan sebagainya, dan memang mengindikasikan granuloma menurut saya yang terbaik dilakukan melalui prosedur bedah. Melalui prosedur bedah, granuloma akan lebih cepat diangkat dan penyembuhannya lebih singkat.

Keseluruhan prosedur pengambilan granuloma sangatlah cepat, sehingga anda tidak perlu khawatir. Proses ini sebenarnya bisa dilakukan melalui prosedur bius lokal jika anak anda kooperatif. Jika memungkinkan dan memenuhi syarat, dapat juga dilakukan melalui sedasi. Anak anda akan diberi gas gelak (gas N2O atau Nitrous Oxide), yang membuatnya tertidur sesaat.

Mengenai risiko prosedur bedahnya, tentu saja hal ini harus dikonsultasikan lebih lanjut kepada Dokter Gigi Spesialis Gigi Anak (Drg., SpKGA) dan Dokter Spesialis Anak (Dr., SpA), apakah kondisi umum dan sistemik anak anda memungkinkan untuk dilakukan prosedur bedah tersebut. Jika semuanya baik-baik saja, resiko prosedur bedah ini sangatlah minimal.

Sebaiknya penyakit ini segera ditangani, jika dibiarkan saja maka akan menetap selamanya atau terjadi perburukan.

Demikian Ibu Dewi, semoga anak anda lekas membaik.
Salam gigi sehat.

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui