Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2014, 11:48 WIB

TANYA :

Ini tentang jumlah testis. Apakah jumlah testis itu bisa lebih dari dua? karena saya merasa jumlah testis saya ada tiga. Saya sering menghitungnya dan memang benar-benar tiga (saya selalu pilah satupersatu). Saya sempat kaget dengan hal ini, akan tetapi karena tidak ada gejala apapun saya membiarkan hal tersebut. Bagaimana hal ini? apakah normal atau tidak?

(Irfan Sabar, 20, Solo)

 

JAWAB :

Dalam keadaan normal, testis ada 2 kanan dan kiri. Karena gangguan tertentu, testis hanya ada satu atau tidak ada di dalam kantungnya. Keadaan ini dapat diatasi dengan pengobatan atau operasi.

Jumlah tetsis yang lebih dari dua, selama ini tidak pernah saya jumpai dalam praktek sehari-sehari. Kalau Anda menganggap testis Anda ada tiga, itu belum tentu benar.

Ada gangguan tertentu yang menimbulkan semacam bulatan mirip testis, yaitu spermatocele. Seharusnya Anda memeriksakan diri kepada dokter untuk memastikan apa yang Anda maksud dengan testis itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com