Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2014, 16:48 WIB
Asep Candra

Penulis


TANYA :

Dok, saya mau bertanya. Testis saya memang ada dua, tapi yang sebelah kanan tidak ada tanda-tanda bahwa akan bertumbuh dan tidak pada tempatnya/ tidak turun. Ukurannya lebih kecil dari yang sebelah kiri ..Dengan kata lain, testis saya yang kiri normal, dan sebelah kanan tidak normal. Waktu itu dokter menganjurkan agar testis saya yang kanan ini dibuang agar tidak menjadi kanker, tapi saya masih ragu dok.. Apakah memang perlu dibuang? Apakah saya masih bisa punya keturunan dok? Terima kasih 

(Ahmad, 22, Bengkulu)

 

JAWAB :

 

Tanpa melakukan pemeriksaan, tentu penjelasan saya berikut ini sangat terbatas. Tetapi kalau benar testis Anda yang sebelah kanan berukuran lebih kecil, berarti testis itu sudah turun dan berada di kantungnya.

Kalau tidak, dari mana Anda atau dokter yang pernah memeriksa menyimpulkan lebih kecil? Kalau benar testis kanan Anda lebih kecil, mungkin testis itu kurang atau tidak berfungsi. Akibatnya kesuburan Anda mungkin teranggu.

Tetapi ada kalanya kesuburan tidak terganggu, yaitu bila testis yang normal berfungsi lebih kuat seolah mengambil alih fungsi testis yang tidak normal. Untuk memastikan, tentu Anda memerlukan pemeriksaan yang benar dan dipastikan lagi dengan pemeriksaan sperma.

Operasi untuk membuang testis hanya dilakukan kalau testis tidak turun ke dalam kantungnya.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com