Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2014, 07:00 WIB

KOMPAS.com- Kekurangan vitamin A merupakan salah satu penyebab ribuan kematian atau pun kebutaan pada anak di seluruh dunia. Kondisi itu mendorong para ilmuwan menciptakan pisang super yang kaya gizi.

Buah pisang super yang dikembangkan oleh profesor James Dale dan timnya dari Australia ini secara genetik dibuat kaya akan alfa dan beta karoten. Oleh tubuh, alfa dan beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A.

Pisang super ini kini sedang dikirimkan ke Amerika Serikat untuk dicoba pada manusia sekita 6 minggu. Penelitian ini didanai oleh Bill and Melinda Gates Foundation. Pisang super ini diharapkan sudah bisa dirilis pada akhir tahun.

"Kami tahu penelitian ini akan berhasil," kata Dale optimis. Rencananya, super pisang ini akan ditanam di Uganda pada 2020. Jika sukses, buah yang kaya gizi ini selanjutnya akan ditanam di Rwanda, Kenya, dan Tanzania.

Salah satu ciri fisik super pisang ini dibanding varietas biasa adalah paga bagian ujungnya berwarna lebih oranye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com