Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Seperti Kim Kardashian Lebih Cerdas dan Subur

Kompas.com - 17/11/2014, 19:10 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail


KOMPAS.com -
Foto Kim Kardashian yang memperlihatkan bokongnya yang besar belakangan ini menjadi bahan pembicaraan di mana-mana. Ternyata, ada alasan ilmiah yang membuat bokong besar jadi topik menarik di dunia maya.

Ilmuwan evolusi mengklaim ketertarikan pria terhadap bokong besar wanita disebabkan oleh preferensi yang sudah berlangsung berabad-abad terhadap wanita dengan rasio pinggang dan pinggul kecil.

Rasio pinggang dan pinggul dihitung dengan membagi ukuran pinggang dengan ukuran pinggul. Semakin kecil pinggang dibandingkan dengan pinggul, seorang wanita jadi tampak menarik di mata pria.

Riset yang sudah ada menemukan wanita dengan pinggang kecil dan pinggul besar ternyata memiliki tingkat kesuburan lebih tinggi. Ahli Antropologi dari Selandia Baru Barnaby Dixson mencari tahu apa yang membuat seorang wanita tampak menarik di mata pria. Untuk itu dikumpulkan sekelompok sukarelawan yang diperlihatkan berbagai foto wanita dengan ukuran dada, pinggang dan pinggul diubah secara digital. Para sukarelawan diminta menilai citra kemenarikan para wanita dalam gambar tersebut.

Kamera-kamera infra merah melacak mata para sukarelawan ketika mereka melihat foto. Meskipun sebagian besar mata tertarik pada belahan dada, pinggul dan pinggang adalah kunci ketertarikan.

Studi terpisah terhadap 16 ribu wanita oleh universitas di Pittsburg dan California pada 2007 menemukan bahwa lekukan tubuh ada hubungannya dengan intelegensi. Mereka menemukan wanita dengan perbedaan pinggang dan pinggul besar memiliki skor lebih tinggi saat dites, demikian juga anak-anak mereka.

Studi tersebut menyimpulkan lemak di seputar lekukan pinggul dan paha menyimpan lebih banyak asam lemak omega tiga yang diperlukan dan penting untuk pertumbuhan otak selama kehamilan. Diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behaviour, studi ini menemukan anak-anak dari ibu yang berbadan sedikit berisi ternyata mendapatkan nilai bagus saat tes kognitif. Namun lemak yang terkumpul di sekitar pinggang ternyata berisi asam lemak omega 6 yang kurang sesuai untuk perkembangan otak.

Selain bagus untuk otak, asam lemak omega 3 juga punya banyak manfaat kesehatan yang lain. Asam lemak ini bermanfaat mencegah kanker, menjaga tekanan darah, menurunkan risiko serangan jantung, mencegah Alzheimer’s dan melindungi tubuh dari masalah kesehatan mental.

Associate professor dari Florida International University Dr Dionne Stephens mengatakan preferensi terhadap bokong besar menjadi pilihan banyak orang karena pengaruh budaya pop. “Ketika masyarakat melihat suatu hal berulang kali ditayangkan di TV, hal itu menjadi sesuatu yang normal,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com