Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Miras Oplosan Bisa Menyebabkan Kebutaan

Kompas.com - 05/04/2024, 19:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Minuman beralkohol terutama miras oplosan bisa menyebabkan risiko kebutaan karena kandungan metanol (CH3OH).

Dilansir dari Sehat Negeriku, metanol yang dicerna tubuh akan beruban menjadi formalin beracun yang membahayakan jaringan saraf pusat, otak, pencernaan, hingga kasus kebutaan.

Baca juga: Apakah Alkohol Menyebabkan Buta? Ini Penjelasannya...

Dokter spesialis kesehatan mata Dr. dr Syntia Nusanti, SpM(K), M.Pd.Ked menjelaskan alasan miras oplosan bisa menyebabkan kebutaan karena efek dari metanol yang langsung mengenai saraf optik atau saraf mata.

"Beberapa jenis alkohol kalau kita sering baca ya, orang yang meninggal karena minum oplosan. Itu seringkali ada juga yang menyebabkan kebutaan karena minum oplosan. Nah dia bukan karena peningkatan tekanan intrakranial, tapi karena efek dari metanol yang diminum langsung kepada saraf optik," kata dokter Syntia, dikutip dari Antara, Rabu (3/4/2024).

Syntia membandingkan dampak metanol terhadap saraf mata dengan kondisi medis papiledema, yakni pembengkakan saraf optik mata akibat tekanan pada bagian intrakranial atau rongga kepala.

"Kalau papiledema kan dia datang dengan keadaan sakit kepala hebat, mual muntah, mungkin ada gangguan penglihatan, mungkin tidak," katanya.

Adapun pada individu yang mengalami intoksikasi metanol akibat mengonsumsi alkohol miras oplosan akan mengalami keluhan penglihatan, dari mata kering, penurunan kemampuan pupil, penglihatan tampak buram, sampai tidak bisa melihat sama sekali.

Metanol yang terkandung pada miras oplosan juga dapat menyebabkan peradangan dan kematian jaringan sistem saraf, memicu penyakit tukak lambung, kerusakan hati, hingga komplikasi gangguan psikologis.

Baca juga: Apakah Glaukoma Bisa Sembuh? Berikut Penjelasan Dokter...

Bahaya miras oplosan selain mengakibatkan kebutaan

Dikutip dari WebMD, berikut beberapa efek atau bahaya minum miras oplosan selain membuat buta:

  • Penuaan dini atau proses penuaan yang terjadi lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri
  • Mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan dehidrasi
  • Menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan kering
  • Menurunkan kerja organ vital
  • Memperlambat kerja otak sehingga membuat susah fokus, berkurangnya kontrol emosional, dan sering lupa
  • Melemahkan sistem kekebalan tubuh
  • Memicu penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, aritmia, dan stroke.

Itulah sederet bahaya mengonsumsi miras oplosan yang perlu Anda waspadai. Usahakan untuk berhenti dan menghindari konsumsi miras oplosan dam minuman beralkohol lainnya.

Baca juga: 9 Macam Penyakit Akibat Kecanduan Alkohol

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com