Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2015, 15:00 WIB
KOMPAS.com - Tayangan televisi untuk anak, Sesame Street, memperkenalkan karakter terbarunya, Julia. Yang istimewa, Julia ini adalah anak dengan gangguan perkembangan autisme.

Penambahan karakter anak autisme tersebut juga menjadi bagian dari inisiatif nasional di Amerika untuk menyebarkan perhatian masyarakat pada autisme.

Kehadiran karakter Julia ini juga diharapkan bisa membantu orangtua menghadapi situasi yang dapat membuat anak stres. Sesame Street juga bekerja sama dengan komunitas autisme dalam menciptakan karakter Julia.

"Sesame Workshop memiliki posisi yang unik untuk memberi pemahaman pada masyarakat tentang autisme. Proyek ini adalah perluasan dari apa yang kami yakini dan selalu promosikan: 'Kita semua berbeda, tapi sama," kata Sherrie Westin, eksekutif vice president Global Impact and Philanthropy di Sesame Street.

Sejak episode pertamanya pada tahun 1969, acara khusus anak Sesame Street selalu menghibur anak-anak dengan pesan-pesan yang sarat edukasi.

Penelitian di tahun 1970-an juga mengungkapkan bahwa anak-anak yang menonton Sesame Street memiliki performa lebih baik di sekolahnya.

Hingga saat ini tayangan edukasi tersebut juga sering mengangkat isu-isu teraktual di masyarakat yang relatif dianggap sulit untuk didiskusikan dengan anak. Misalnya saja orangtua yang dimasukkan dalam penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com