Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2016, 10:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS (CDC) mengeluarkan rekomendasi resmi bahwa orang yang berisiko tinggi tertular AIDS, agar mengonsumsi kombinasi dua obat yang disebut Pre-exposure prophylaxis (PrEP). PrEP dikenal dapat membantu mencegah infeksi HIV yang mematikan dan tak tersembuhkan.

Jika diminum secara teratur, obat tersebut dapat mengurangi risiko infeksi pada populasi berisiko tinggi hingga 92 persen, kata CDC.

PrEP telah ada dalam versi generik yang disebut Truvada dan digunakan secara luas dalam program pengobatan AIDS di negara-negara miskin.

CDC merekomendasikan kombinasi obat PrEP dengan penggunaan kondom, untuk setiap pelaku seks berisiko seperti gay, heteroseksual yang suka berganti pasangan, pengguna narkoba suntik, atau mereka yang berhubungan seks dengan penderita HIV/AIDS.

Angka kasus HIV dalam dekade terakhir ini, tidak mengalami penurunan. Berkurangnya penggunaan kondom telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pejabat kesehatan akan bahaya penyakit yang mematikan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com