Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2016, 07:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Kathryn Phillips dari University of California dan rekan-rekannya mengatakan, pemerintah, perusahaan asuransi, dan perusahaan kesehatan lain yang berwenang dalam pembuatan harga dan kualitas perlu mengambil langkah-langkah tentang layanan kesehatan yang lebih transparan kepada masyarakat.

 

"Ini benar-benar penting untuk mengetahui bagaimana orang-orang memandang hubungan antara harga dan kualitas. Untuk kebanyakan produk, hubungan antara harga dan kualitas memang benar terjadi, sehingga orang menganggap hal ini juga berlaku untuk perawatan kesehatan " kata Phillips.

 

“Sayangnya, sebagian besar responden survei nasional di Amerika mengatakan, harga layanan kesehatan dan kualitas yang diberikan tidak terkait.”

 

71 persen responden mengatakan, harga yang lebih tinggi umumnya tidak selalu diikuti dengan perawatan yang lebih baik. Tapi 30 persen lainnya berpikir, dokter mungkin akan memberikan pelayanan kurang berkualitas bila mereka dibayar lebih rendah dari dokter lain.

 

Orang-orang yang telah membandingkan harga perawatan kesehatan di masa lalu lebih cenderung melihat hubungan antara harga dan kualitas ketimbang mereka yang tidak.

 

"Banyak organisasi yang kini sedang mengembangkan alat Informasi yang memaparkan harga perawatan kesehatan bagi konsumen. Namun, kita perlu mengembangkan alat dan kebijakan yang tepat agar konsumen menggunakan informasi ini dengan tepat," kata Phillips.

 

Hasil ini mungkin bisa membantu para pelaku medis dalam menampilkan informasi harga dan kualitas dengan cara yang tepat bagi konsumen, kata Phillips.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com