Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kacang Mete Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasannya…

Kompas.com - 29/06/2024, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kacang mete adalah salah satu camilan yang sehat dan enak. Namun, apakah kacang mete mengandung kolesterol tinggi?

Ternyata, kacang mete tidak mengandung kolesterol dan justru dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, atau low-density lipoprotein (LDL), di dalam tubuh.

Namun, konsumsi kacang mete perlu dibatasi sebanyak 28 gram per hari, atau sekitar 18 biji kacang, karena kandungan kalori yang dimilikinya.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat kacang mete untuk kolesterol dan banyaknya kacang mete yang bisa dikonsumsi per hari berikut ini.

Baca juga: Kacang Mete Amankah untuk Kolesterol dan Asam Urat? Ini Penjelasannya…

Apakah kacang mete mengandung kolesterol tinggi?

Ternyata, kacang mete tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Bahkan, kandungan kolesterol kacang mete adalah sebanyak 0 mg sehingga tidak akan berdampak negatif pada kadar kolesterol di dalam tubuh.

Dilansir dari WebMD, kacang mete tidak mengandung kolesterol dan dapat dikonsumsi sebagai salah satu camilan sehat.

Kacang mete dianggap memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Namun, kandungan lemak pada kacang mete berasal dari stearic acid yang tidak memiliki dampak tertentu pada kadar kolesterol di dalam tubuh.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang mete dalam jumlah wajar setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kacang mete terhadap kolesterol di dalam tubuh masih diperlukan.

Pasalnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang mete tidak memengaruhi kadar kolesterol total, kolesterol LDL, atau kolesteorl HDL.

Para peneliti beranggapan bahwa hasil yang berbeda tersebut dipengaruhi oleh sedikitnya penelitian yang dilakukan dan sedikitnya partisipan yang dilibatkan.

Baca juga: Apakah Sehat Makan Kacang Mete? Berikut Manfaat dan Efek Sampingnya…

Batas konsumsi kacang mete per hari

Meskipun kacang mete tidak akan memberikan dampak negatif pada kadar kolesterol di dalam tubuh, mengonsumsinya dalam batas wajar tetap diperlukan.

Dilansir dari Livestrong, kacang mete memiliki kandungan kalori yang justru bisa berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com