Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2016, 14:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah mendengar bahwa memotong sayuran, seperti seledri dan paprika sebelum disimpan di lemari es akan mempermudah Anda ketika hendak memasaknya. Saran tersebut ada benarnya. Tapi, ketika bicara mengenai memaksimalkan nilai gizinya, ada aturan lain yang perlu diketahui.

"Secara umum, semakin lama makanan disimpan di lemari es, freezer atau lemari biasa, berarti akan semakin besar nutrisinya hilang," kata pakar diet  Patricia Bannan, RDN, penulis Eat Right When Time Is Tight.

"Air, cahaya dan panas semua mempercepat hilangnya nutrisi, terutama yang memiliki kandungan vitamin C, folat dan thiamin."

Itu mengapa pasar tradisional menjadi sumber terbesar bagi produk sayur segar yang tidak harus melewati perjalanan jauh dalam wadah tak berpendingin dan dapat kehilangan nutrisi sepanjang perjalanan.

Dalam sebuah penelitian dari Pennsylvania State University, bayam segar dapat lebih banyak mempertahankan nutrisinya bila disimpan pada suhu dingin dibanding suhu hangat.

Bahkan di rak yang didinginkan sampai 39° F, setelah delapan hari sayuran hijau hanya dapat mempertahankan 53% kandungan folatnya.

Lain kali Anda membongkar tas belanjaan Anda, gunakan tips penyimpanan ini untuk menjaga keamanan, kualitas, nutrisi, tekstur dan rasa. Mulailah dengan menetapkan freezer dibawah 0° F, dan kulkas Anda di bawah 40° F.

 

Bayam, Brokoli, Wortel dan Daun Selada lainnya

Letakkan pada rak sayuran di kulkas pada suhu terdingin. Akan lebih bagus jika lemari es yang digunakan dapat mengatur kelembaban. Karena kelembaban dapat membantu mempertahankan nutrisi. Jika tidak ada, bungkus wortel dan seledri dengan plastik untuk mengunci kelembaban.

 

Bawang, Labu, Kentang, dan Umbi lainnya

Jangan disimpan di tempat yang lembab. Produk ini suka dengan tempat dingin namun tidak perlu ditaruh di kulkas jika Anda memiliki tempat yang gelap, kering yang tidak berdekatan dengan sumber panas.

Pertimbangkan juga untuk menyimpan apel dan kentang secara bersamaan untuk mencegah mereka tumbuh.

Dalam sebuah percobaan yang dilakukan oleh America's Test Kitchen, kentang yang disimpan tanpa apel akan tumbuh dalam lima minggu, sedangkan kentang yang disimpan dengan apel tidak tumbuh.

 

Thyme, Rosemary, Seledri, dan Rempah Segar lain

Mereka bisa disimpan dalam vas kecil di meja jika Anda akan menggunakannya dalam beberapa hari kedepan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com