Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhenti Membenci Bentuk Tubuh Sendiri dengan Beryoga

Kompas.com - 01/07/2016, 11:37 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com- Merasa tak puas dengan bentuk badan yang dimiliki sekarang? Lakukanlah latihan yoga. Ilmu pengetahuan sudah menemukan yoga adalah obat manjur untuk berhenti membenci tubuh sendiri.

Peneliti dari Brock University di Ontario, Kanada menemukan satu sesi latihan yoga secara bermakna dapat memperbaiki citra tubuh seseorang segera setelah ia melakukan olah tubuh ini.

Sebelumnya, sudah banyak penelitian membuktikan latihan yoga bermanfaat mengurangi stres, menurunkan kadar kecemasan dan depresi, menambah energi, optimisme, memori. Tetapi studi baru ini membuktikan bahwa latihan sebentar saja sudah bermanfaat memperbaiki citra tubuh.

Periset menemukan 46 orang melaporkan perasaan terhadap tubuh mereka sebelum dan setelah menyelesaikan satu kelas yoga dan sebuah kelas resisten di hari lain. Kelas yoga dan resisten sama-sama menurunkan kadar ketidakpuasan peserta akan perawakan mereka. Tetapi kelas yoga ternyata berdampak lebih besar. Lebih penting lagi, ternyata yoga meningkatkan kepuasan seseorang akan bentuk tubuhnya.

Mengapa demikian? Latihan resisten memang banyak manfaatnya. Tetapi latihan ini hanya mengutamakan perubahan dari luar, seperti membangun kekuatan otot. Yoga di sisi lain menggeser perhatian dari cara kita melihat tubuh menjadi bagaimana kita merasakan momen tersebut, mengkoneksikan diri dan tubuh kita sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com