Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makian Kasar dan Lagu Metallica di Kelas Rage Yoga

Kompas.com - 21/03/2016, 11:45 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Dulu hanya kaum hippies dan masyarakat India saja yang beryoga. Namun, sekarang banyak perempuan melakukannya demi mendapatkan tubuh indah dan jiwa yang tenang.

Ada banyak aliran yoga. Mulai dari yang tradisional seperti Hatha sampai yang trendy seperti power yoga, hot yoga, yoga yang bergelantungan di hammock.

Di Kanada belakangan ini berkembang Rage Yoga. Jenis yoga ini tidak ditemukan di lingkungan damai dengan lilin wangi atau aromaterapi. Lokai yoga ini ada di basement Dicken's Pub di Calgary, Alberta.

Jangan harap pula musik yang dipasang adalah bunyi air mengalir atau lonceng yang meneduhkan. Suara musik yang keluar adalah heavy metal diikuti sumpah serapah para yogi.

Lindsay Istace, pendiri Rage Yoga menggambarkan kelas yoga ini meliputi peregangan, latihan pose dan humor buruk dengan tujuan mencapai kesehatan yang baik. "Lebih dari latihan, Rage Yoga adalah sebuah sikap," katanya.

Mendasarkan diri tak terlalu ketat pada Vinyasa Yoga, Rage Yoga membolehkan pesertanya mengeluarkan emosi dengan meregangkan diri, memaki atau membuat isyarat kasar. Kita pun dapat melepaskan stres dan ketegangan dengan meneriakkan kata-kata kotor sambil bergoyang seirama lagu Metallica atau Black Sabbath.

Istace pertama menciptakan Rage Yoga sebagai cara mengubah yoga tradisional sesuai dengan dirinya.

"Saya ingin menciptakan latihan yang saya rasa cocok dengan diri saya. Saya tahu, saya tidak sendiri," katanya. Rage Yoga tercipta ketika ia sedang melewati putus percintaan yang menyakitkan.

"Ketika Anda menciptakan ruang buat diri sendiri untuk marah, berteriak, memaki, tiba-tiba sulit bagi diri Anda sendiri untuk jadi serius. Kemarahan itu cepat berubah menjadi tawa. Dan saya punya banyak tawa yang berlangsung di sini," tuturnya.

Bagi sebagian pelaku yoga, Rage Yoga bukanlah yoga. Tetapi itu tidak masalah bagi Istace. "Setiap orang berhak beropini. Tidak semua hal cocok untuk semua orang," katanya.

Untuk menghadiri satu kelas Rage Yoga dibutuhkan dana $12 dan dibutuhkan $55 dan $100 untuk lima serta 10 kelas berturut-turut. Kelasnya diikuti lima hingga 12 orang. Istace juga berencana membuat kelas daring setiap bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com