Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2016, 18:30 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Senin sering kali dianggap hari yang paling dimusuhi banyak orang. Datangnya hari Senin menandakan berakhirnya waktu bersantai atau berlibur di akhir pekan. Senin juga berarti kembali memulai rutinitas sehari-hari.

Akibatnya, banyak orang membenci hari Senin. Kadang rasanya sulit bergegas untuk berangkat kerja di hari Senin. Kondisi itu juga dikenal dengan Monday blues.

Tentu Anda tidak ingin terus-menerus terjebak dengan suasana tersebut. Nah, berikut ini ada tujuh cara yang bisa dicoba untuk mengatasi Monday blues, seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Duduk tegak
Menurut profesional kesehatan mental, postur tubuh yang baik saat duduk dapat membantu mengurangi monday blues. Saat bekerja, duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk. Cara tersebut dipercaya bisa membuat semangat meningkat dan kerja lebih produktif.

2. Terpapar sinar matahari dan udara segar
Sebelum berangkat kerja, pergilah keluar untuk menghirup udara segar dan terpapar sinar matahari pagi. Bisa juga dilakukan setelah tiba di kantor. Hal ini bisa membuat suasana lebih rileks.

3. Pakai parfum
Menggunakan parfum dengan aroma segar ternyata juga bisa membuat suasana lebih ceria di hari Senin. Selain itu, dapat membuat Anda merasa lebih berenergi sepanjang hari.

4. Pakaian berwarna cerah
Sambutlah hari Senin dengan mengenakan pakaian berwarna-warni yang cerah. Bisa juga dengan menggunakan aksesoris hingga tas yang penuh warna. Anda akan nampak lebih ceria dan lebih bersemangat menghadapi hari Senin.

5. Dengarkan musik
Mendengarkan musik telah lama menjadi terapi untuk mengatasi berbagai masalah. Dengarkah musik yang ceria dan energik dari komputer kerja Anda untuk mengatasi Monday blues.

6. Olahraga
Cobalah berolahraga sebelum memulai aktivitas di hari Senin. Anda bisa pergi ke gym atau berlari sebentar di pagi hari. Olahraga akan meningkatkan pengeluaran endorfin yang membuat Anda lebih bahagia. Anda akan lebih berenergi sepanjang hari.

7. Konsumsi probiotik
Tips ketujuh untuk melawan Monday blues adalah dengan mengonsumsi probiotik. Menurut para ahli, konsumsi probiotik juga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Probiotik bisa didapatkan dalam makanan maupun minuman yang difermentasi, seperti yoghurt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com