Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2016, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Salah satu hal yang menarik dalam film Ada Apa dengan Cinta 2 adalah kisah persahabatan geng Cinta yang selalu kompak dan manis sejak masa sekolah sampai tokoh-tokohnya dewasa.

Kaum perempuan memang terkenal senang berkelompok. Seperti halnya geng Cinta, banyak wanita yang membutuhkan support dari sahabat mereka.

Tak heran bila menghabiskan waktu dengan teman-teman dekat menjadi cara seorang wanita untuk mengusir kesepian dan stres. Seorang wanita akan merasa stres jika berada jauh atau terkucil dari kelompoknya.

Penelitian terhadap tikus membuktikan hal tersebut. Tim peneliti dari Universitas Calgary menguji level stres pada tikus jantan dan betina. Tikus-tikus yang sejak lahir sudah hidup dipisah sesuai jenis kelaminnya kemudian ada yang diisolasi dari kelompoknya.

"Banyak spesies, termasuk manusia, menggunakan interaksi sosial untuk mengurangi efek stres. Faktanya, hilangnya ikatan sosial juga membuat stres," kata Dr.Jaideep Bains, ketua peneliti.

Dalam penelitian pada tikus itu diketahui bahwa wanita muda lebih sensitif pada stres sosial dibanding kan pada laki-laki.

"Ini berarti ikatan sosial lebih penting bagi perempuan. Mereka juga lebih sensitif jika ditinggalkan kelompoknya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com