Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kondisi yang Mungkin Menyebabkan Kaki Dingin

Kompas.com - 26/11/2020, 08:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami kaki menjadi terasa dingin? Kaki terasa dingin merupakan peristiwa yang umum terjadi pada banyak kasus, terutama jika cuaca dingin.

Pada kondisi normal, kaki dingin adalah respons normal tubuh terhadap suhu. Cara mudah untuk mengatasi kaki dingin akibat cuaca adalah mengenakan kaus kaki tambahan.

Baca juga: Gangguan Kaki Pada Penderita Diabetes dan Cara Mencegahnya

Namun, kadang kala kaki dingin juga disebabkan oleh kondisi medis serius yang memerlukan perawatan lebih lanjut.

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kaki dingin di antaranya:

1. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan timbunan lemak di arteri dan mencegah aliran darah yang cukup ke kaki. Dengan kata lain, kondisi ini menyebabkan sirkulasi yang buruk.

Padahal, ketika tidak cukup banyak darah yang mengalir ke kaki akan menyebabkan kaki menjadi dingin bahkan terkadang nyeri.

Beberapa faktor risiko aterosklerosis, seperti:

  • Merokok
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol Tinggi
  • Usia tua

2. Diabetes

Diabetes juga dapat menyebabkan kaki menjadi dingin. Ada beberapa alasan mengapa diabetes dapat menyebabkan kaki dingin terus-menerus.

Pertama, neuropati diabetes. Meskipun diabetes itu sendiri mungkin tidak menyebabkan kaki dingin, beberapa orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 mengalami kerusakan saraf, atau neuropati, di kaki mereka.

Baca juga: Kaki dan Tangan Sering Kesemutan Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa?

Kerusakan saraf ini dapat mengganggu saraf yang mendeteksi suhu di kaki sehingga menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan.

Kedua, sirkulasi darah yang buruk. Bagi penderita diabetes tipe 2, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan kaki dingin karena penderita diabetes cenderung memiliki sirkulasi darah yang buruk secara umum.

Itu karena seiring waktu kadar glukosa darah tinggi yang terkait dengan diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan pembuluh darah kecil yang menuju kaki Anda.

Hal tersebut menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke kaki.

3. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud adalah kondisi langka yang menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki menyempit setiap kali Anda merasa kedinginan atau stres.

Ketika ini terjadi, darah tidak bisa sampai ke tangan dan kaki. Tak hanya itu, Anda mungkin melihat tangan dan kaki menjadi putih atau biru.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com