Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Penyebab Kenapa Dada Sebelah Kanan Sakit dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 10/11/2021, 18:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya dada sebelah kiri, dada sebelah kanan sakit terkadang juga bisa bikin penderitanya was-was.

Dada sebelah kanan adalah bagian tubuh yang menaungi sebagian jantung, paru-paru, pembuluh dasar besar, kelenjar getah bening, saraf, atau tulang rusuk.

Jika ada masalah kesehatan beberapa bagian tubuh tersebut, bagian kanan dada bisa terasa sakit.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab kenapa dada sebelah kanan sakit dan cara mengobatinya.

Baca juga: Dada Sakit Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa Saja?

Penyebab kenapa dada sebelah kanan sakit

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab kenapa dada sebalah kanan sakit, antara lain:

  • Stres atau gangguan kecemasan

Dilansir dari Medical News Today, sakit dada sebelah kanan bisa berasal dari stres ekstrem atau gangguan kecemasan. Keduanya bisa memicu serangan panik dengan gejala sakit dada, pusing, jantung berdebar-debar, sampai sesak napas.

  • Cedera otot dada

Terkadang, sakit dada bagian kanan juga muncul karena otot dada yang menegang. Otot dada bisa menegang lantaran cedera seperti terkilir atau efek samping olahraga dan latihan tersentu.

  • Cedera atau trauma pada dada

Cedera pada bagian dada karena jatuh, dihantam, atau kecelakaan dapat merusak saraf dan pembuluh darah dada. Selain menyebabkan sakit dada di bagian kanan, cedera dada dapat merusak jantung, paru-paru, dan organ dalam lainnya.

  • Peradangan tulang rawan

Peradangan tulang rawan atau kostokondritis dapat menyebabkan dada kanan sakit. Peradangan tulang rawan bisa disebabkan batuk parah berkepanjangan, infeksi, atau cedera.

Baca juga: Sakit Dada Tak Selalu Tanda Penyakit Jantung, Berikut Ciri-cirinya

  • Patah tulang rusuk

Penyebab sakit dada sebelah kanan lainnya yakni patah tulang rusuk, pelindung organ dalam di dada. Gejala patah tulang rusuk bisa berupa dada kanan sakit yang nyerinya luar biasa dan bagian yang patah membengkak.

  • Pneumotoraks

Melansir Healthline, pneumotoraks adalah kondisi saat paru-paru robek. Pneumotoraks bisa terjadi karena cedera, penyakit paru-paru, sampai efek samping penggunaan ventilator. Selain sakit dada sebelah kanan, gejala pneumotoraks lainnya yakni sesak napas, dada terasa sesak, detak jantung cepat, batuk, dan kelelahan.

  • Radang selaput dada

Radang selaput dada dapat menyebabkan gesekan antara dua jaringan pelapis paru-paru. Akibatnya, penderita bisa merasakan sakit di bagian dada, terutama saat digunakan untuk bernapas.

  • Efusi pleura

Efusi pleura adalah penumpukan cairan di antara lapisan jaringan di luar paru-paru. Masalah kesehatan ini bisa menyebabkan nyeri dada dan sesak napas. Kondisi tersebut biasanya memburuk seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 3 Gejala Serangan Jantung Pada Wanita, Tak Hanya Sakit Dada

  • Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru. Penyebab pneumonia bisa berasal dari infeksi bakteri, virus, jamur, termasuk Covid-19. Selain dada sebelah kanan atau kiri sakit, gejala lainnya yakni demam, menggigil, batuk, dan tidak nafsu makan.

  • Hipertensi paru

Hipertensi paru adalah kondisi yang menyebabkan tekanan darah tinggi pada pembuluh darah penghubung jantung dan paru-paru. Saat kondisinya sudah parah, jantung butuh bekerja keras dan menyebabkan dada terasa sakit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com