Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Lidah Tidak Ada Rasa, Sesuaikan dengan Penyebabnya

Kompas.com - 17/08/2022, 07:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Lidah tidak ada rasa adalah gangguan indra perasa yang bisa menurunkan kualitas hidup.

Kondisi yang dikenal dengan istilah medis ageusia ini bisa membuat penderitanya tidak nafsu makan, berat badan jadi menurun, kekurangan gizi, sampai menghambat proses penyembuhan sakit.

Ada banyak penyakit dan kondisi penyebab lidah tidak ada rasa. Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, ageusia bisa dipicu gangguan saluran pernapasan seperti Covid-19, flu, influenza, polip hidung, sampai sinusitis.

Baca juga: Kenali Apa itu Ageusia, Kondisi Penyebab Lidah Tidak Ada Rasa

Selain itu, cedera kepala, hormon tidak seimbang, penyakit gigi dan mulut, penyakit saraf, penyakit autoimun, sampai efek obat terapi kanker, narkoba, dan rokok juga bisa jadi pemicu masalah kesehatan ini.

Cara mengatasi lidah tidak ada rasa perlu disesuaikan dengan akar penyebabnya. Simak penjelasan berikut.

Cara mengatasi lidah tidak ada rasa

Mengobati akar pemicu gangguan indra perasa bisa membantu memulihkan lidah tidak ada rasa. Berikut beberapa di antaranya:

  • Minum obat yang tepat

Dilansir dari Netmeds, jika penderita terkena infeksi bakteri terkait sinusitis bakteri, infeksi kelenjar ludah, sampai infeksi tenggorokan, dokter biasanya meresepkan obat antibiotik.

Sedangkan untuk meredakan lidah tidak ada rasa karena pilek, flu, atau rinitis alergi, dokter jamak memberikan obat dekongestan atau antihistamin.

Untuk meringankan gejala gangguan sistem saraf dan penyakit autoimun penyebab lidah tidak ada rasa, dokter biasanya juga meresepkan obat tertentu.

  • Setop merokok

Kebiasaan merokok bisa memperparah atau menghambat pemulihan kondisi lidah tidak ada rasa.

Jika Anda masih merokok, segera setop kebiasaan tidak sehat ini. Biasanya, dalam hitungan hari kepekaan rasa di lidah akan berangsur-angsur pulih.

Baca juga: 11 Penyebab Lidah Tidak Ada Rasa, Tak Hanya Covid-19

  • Jaga kebersihan gigi dan mulut

Saat lidah tidak ada rasa, terutama jika penyebab kondisi ini terkait masalah gusi dan gigi, pastikan Anda juga menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Caranya, pastikan Anda membersihkan gigi dan lidah dengan benar. Selain itu, bersihkan juga plak dengan benang gigi.

  • Minum suplemen

Dilansir dari WebMD, dokter terkadang juga merekomendasikan penderita lidah tidak ada rasa untuk minum suplemen zinc atau antioksidan ALA atau alpha-lipoic acid.

Hindari sembarangan minum suplemen vitamin tanpa petunjuk dokter, karena terkadang bisa menyebabkan seseorang kelebihan zat tertentu dan memengaruhi kesehatan.

Baca juga: 10 Penyebab Dysgeusia, Kondisi saat Lidah Terasa Tidak Enak

Berapa lama lidah tidak ada rasa sembuh?

Ageusia biasanya sembuh setelah seminggu sampai tiga minggu diobati sesuai gejala penyakit.

Jika Anda sudah menjajal beberapa cara mengatasi lidah tidak ada rasa di atas tapi masalah kesehatan ini tak kunjung membaik, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Baca juga: Anosmia Tak Hanya Gejala Covid-19, Kenali Penyebab Lainnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com