Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2022, 18:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Berbicara soal berat badan, sebenarnya ada banyak faktor yang menentukannya, mulai dari genetik, fisiologis, dan gaya hidup.

Nah, faktor yang sangat berperan dalam meningkatkan berat badan adalah gaya hidup, lebih khususnya lagi pola makan kita.

Ya, pola makan yang keliru merupakan kontributor signifikan terhadap peningkatan berat badan.

Oleh karena itu, memantau konsumsi makanan Anda dapat membantu penurunan berat badan yang efektif.

Baca juga: 7 Makanan untuk Mencegah Kanker Usus Besar yang Perlu Diketahui

Makanan untuk menurunkan berat badan

Mengubah pola makan Anda adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Sebab, asupan nutrisi beerpengaruh besar pada kesehatan dan berat badan Anda untuk jangka panjang.

Anda tidak perlu diet ketat untuk memiliki badan ideal. Hal yang perlu Anda lakukan adalah berfokus pada asupan nutrisi.

Sebab, asupan nutrisi beerpengaruh besar pada kesehatan dan berat badan Anda untuk jangka panjang. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, berikut makanan yang bisa Anda konsumsi:

  • Buah segar

Buah-buahan adalah camilan yang sempurna untuk program penurunan berat badan Anda karena kandungan lemaknya sangat sedikit. Buah juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Salah satu contoh buah yang baik untuk membantu penurunan berat badan adalah buah beri. Buah beri adalah sumber yang kaya serat makanan, antioksidan, dan vitamin C.

Buah beri membantu meningkatkan pemeliharaan berat badan dan perlindungan saraf serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

  • Makanan Kaya Asam Lemak Omega-3

Tubuh Anda membakar lebih banyak kalori jika tingkat metabolisme Anda tinggi. Anda dapat mempercepat metabolisme dengan mengonsumsi makanan kaya omega-3.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan ini bertindak sebagai agen anti-inflamasi, menurunkan resistensi insulin, dan mencegah obesitas.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan seperti ikan dan kacang-kacangan yang tinggi asam lemak omega-3 akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan stabil.

  • Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh adalah makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan karena tinggi serat dan mengandung nutrisi lain seperti vitamin B kompleks, mangan, seng, besi, dll.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com