Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Penyebab Hemoglobin Rendah, dari Teh sampai Gluten

Kompas.com - 16/12/2022, 12:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang tepat juga bisa jadi penyebab hemoglobin rendah.

Untuk diketahui, Hb atau hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah.

Dilansir dari SFGate, fungsi hemoglobin untuk mengangkut oksigen ke paru-paru dan seluruh tubuh.

Baca juga: 9 Ciri-ciri Hemoglobin (Hb) Rendah yang Perlu Diwaspadai

Ketika kadar HB rendah, penderita bisa merasakan gejala seperti sering lemas, badan gampang lelah, sakit kepala, atau mudah kedinginan.

Penyebab Hb rendah utamanya karena kurangnya asupan mengandung zat besi, kehamilan, gangguan pencernaan, penyakit autoimun, sampai infeksi di dalam tubuh.

Selain itu, ada beberapa makanan yang dapat menurunkan hemoglobin karena menghambat penyerapan zat besi. Kenali beberapa jenisnya berikut ini.

Baca juga: 4 Makanan untuk Penderita Hemoglobin (Hb) Rendah

Makanan penyebab hemoblobin rendah

Ada beberapa makanan penyebab hemoglobin rendah yang sebaiknya dihindari saat tubuh sedang terkena anemia, antara lain:

  • Teh

Dilansir dari Pharmeasy, teh mengandung tanin. Zat alami di dalam tumbuhan ini bisa menghambat penyerapan zat besi di usus kecil.

Tanin bakal mengikat molekul zat besi dan menganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Akibatnya, segala jenis asupan mengandung zat besi yang sudah dikonsumsi tidak dapat diserap optimal oleh tubuh.

  • Kopi dan cokelat

Mirip dengan teh, kopi dan cokelat juga termasuk makanan penyebab hemoglobin rendah yang sebaiknya dihindari saat tubuh kekurangan hemoglobin.

Kopi dan cokelat mengandung polifenol. Meskipun ada beberapa manfaatnya untuk tubuh, tapi antioksidan ini dapat menghambat penyerapan zat besi pada penderita anemia.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan, biji-bijian, termasuk nasi merah banyak mengandung zat asam fitrat.

Kadar asam fitrat yang tinggi dapat menghambat penyerapan zat besi di saluran pencernaan. Jadi, saat anemia atau Hb rendah, hindari dulu jenis makanan ini.

Baca juga: 4 Makanan untuk Penderita Hemoglobin (Hb) Rendah

  • Susu dan produk turunannya

Susu dan produk turunannya seperti keju, yogurt, mentega, dll mengandung kalsium. Mineral ini dapat menghambat penyerapan zat besi.

Jika Anda ingin mengonsumsi asupan ini, berikan jeda waktu beberapa saat setelah mengonsumsi makanan tinggi zat besi, agar proses penyerapannya tidak terhambat.

  • Gluten

Segala sesuatu yang mengandung gluten sebaiknya juga dihindari saat kadar Hb rendah atau tubuh kekurangan hemoglobin, terutama pada orang yang alergi gluten seperti pada penderita penyakit celiac.

Contoh makanan tinggi gluten di antaranya gandum, roti, pasta, sampai sereal. Jenis makanan ini dapat merusak dinding usus dan menghambat penyerapan zat besi pada orang yang alergi gluten.

Ketika Anda sedang mengalami anemia atau kekurangan hemoglobin, ada baiknya sementara untuk menghindari segala jenis makanan penyebab hemoglobin rendah di atas.

Sebaliknya, konsumsi makanan yang bisa meningkatkan hemoglobin di antaranya daging sapi, kambing, ayam, bebek, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau seperti bayam sampai sawi.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Hemoglobin secara Alami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com