Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2023, 13:55 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kekhawatiran terbesar wanita yang mengidap miom adalah ukuran miom cukup besar, sehingga membahayakan kesehatan.

Dilansir dari Fibroids, ukuran miom yang tumbuh di rahim dan organ reproduksi wanita bisa sebesar biji-bijian atau sekitar 1 milimeter, sampai sebesar buah melon ukuran tanggung atau 20 centimeter.

Untuk mengenali masalah kesehatan yang dikenal dengan istilah medis fibroid ini, simak penjelasan ukuran miom dan ukuran miom yang berbahaya berikut ini.

Baca juga: 6 Penyebab Miom, Wanita Perlu Tahu

Ukuran miom

Sejumlah ahli kesehatan menggunakan ukuran benjolan miom untuk menentukan ukuran miom kecil, sedang, atau besar. Berikut penjabarannya:

  • Ukuran miom kecil yakni kurang dari 5 centimeter
  • Ukuran miom sedang yakni antara 5 centimeter sampai 10 centimeter
  • Ukuran miom besar yakni di atas 10 centimeter

Miom yang terus membesar bisa menekan dan membuat rahim lebih besar, sehingga penderita miom terlihat seperti sedang hamil di trimester akhir.

Selain itu, tanda-tanda miom membesar lainnya juga bisa menyebabkan nyeri haid parah, nyeri panggul atau sakit punggung bagian bawah, atau sering

Efek dari ukuran miom tersebut bisa beragam pada penderita. Kenali ukuran miom yang berbahaya dan efeknya berikut ini.

Baca juga: Apakah Miom Berbahaya?

Berapa ukuran miom yang berbahaya?

Dikutip dari USAFibroidCenters, ukuran miom yang berbahaya yakni ketika ukurannya tergolong besar atau 10 centimeter ke atas.

Jika miom lebih dari 10 centimeter tidak diobati, benjolan ini bisa tumbuh lebih besar dan potensial pecah atau melorot.

Selain itu, miom besar juga bisa merusak rahim dan bagian sekitar organ reproduksi wanita, seperti kandung kemih dan usus.

Di beberapa kasus, miom juga bisa berbahaya pada wanita yang sedang program hamil karena memengaruhi kesuburan.

Mengingat sejumlah ukuran miom berbahaya, dokter biasanya menyarankan penderita miom menjalani perawatan medis, terlepas dari berapa pun ukurannya.

Jadi, terkadang dokter juga merekomendasikan perawatan medis atau terapi obat untuk penderita miom kecil sampai sedang.

Pasalnya, ukuran miom bisa membesar karena berbagai faktor, seperti hormon atau gaya hidup tidak sehat. Selain itu, gejala miom juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengurangi kualitas hidup penderita.

Baca juga: 7 Jenis Miom pada Wanita, Mana yang Paling Berbahaya?


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com