Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mencegah Gagal Ginjal Kronis Memburuk

Kompas.com - 10/02/2023, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Gagal ginjal kronis yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan gagal ginjal semakin memburuk.

Gagal ginjal adalah kerusakan ginjal yang sudah parah sehingga penderita perlu melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal untuk bertahan hidup.

Ada beberapa cara mencegah gagal ginjal yang bisa dilakukan oleh penderita gagal ginjal kronis agar kondisinya tidak semakin buruk. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Gagal Ginjal Kronis, Gejala, dan Penyebabnya

Cara mencegah gagal ginjal kronis memburuk

Dilansir dari Mayo Clinic, gagal ginjal kronis adalah penurunan fungsi ginjal secara berkala dan tidak bisa disembuhkan secara total.

Pengobatan gagal ginjal kronis berfokus untuk memperlambat kerusakan ginjal, meskipun bisa tetap memburuk seiring dengan berjalannya waktu.

Melakukan pola hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari gagal ginjal pada penderita gagal ginjal kronis.

Baca juga: 6 Gejala Awal Gagal Ginjal Kronis yang Perlu Diwaspadai

Disarikan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), berikut adalah beberapa cara mencegah gagal ginjal kronis memburuk yang bisa dilakukan.

  • Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Tekanan darah tinggi bisa berkontribusi untuk merusak ginjal. Jaga tekanan darah agar tetap stabil dan jika memungkinkan, tekanan darah harus lebih rendah dari yang sudah ditetapkan oleh dokter.

  • Menjaga level gula darah jika mengidap diabetes

Rajin melakukan pemeriksaan level gula darah akan membantu penderita gagal ginjal kronis untuk menjaganya agar tetap stabil sehingga tidak meningkatkan risiko gagal ginjal.

  • Melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin

Penyakit gagal ginjal kronis bisa semakin memburuk seiring berjalannya waktu sehingga perlu dilakukan pemeriksaan rutin. Dengan begitu, dokter bisa memberikan pengobatan yang bisa memperlambat kerusakan ginjal.

  • Mengonsumsi obat sesuai anjuran

Penderita gagal ginjal kronis juga perlu mengonsumsi beberapa obat, seperti obat darah tinggi, obat untuk gula darah, dan untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi obat secara rutin sesuai anjuran untuk mencegah risiko gagal ginjal.

  • Mengatur asupan makanan

Konsumsi makanan dan minuman ternyata bisa sangat memengaruhi kesehatan ginjal. Perhatikan asupan makanan agar tidak memperburuk kondisi ginjal.

Baca juga: 9 Penyebab Gagal Ginjal Kronis yang Perlu Diwaspadai

  • Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan bisa membuat ginjal bekerja terlalu keras sehingga memicu kerusakan yang lebih parah. Jaga berat badan agar tetap ideal dengan berolahraga dan mengatur pola makan.

  • Tidur cukup

Tidur dengan waktu cukup, atau sekitar 7 hingga 8 jam, setiap malam sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental, serta menjaga tekanan darah dan level gula darah agar tetap stabil.

  • Berhenti merokok

Merokok bisa memperburuk kesehatan ginjal. Dengan berhenti merokok, tekanan darah bisa terjaga dan menghindarkan dari serangan jantung serta stroke.

  • Menjaga kesehatan mental

Stress dalam jangka panjang bisa meningkatkan tekanan darah dan gula darah serta menyebabkan depresi. Dengan menjaga kesehatan mental, kesehatan ginjal juga akan terjaga.

  • Memperbanyak aktivitas fisik

Berolahraga setidaknya 30 menit sehari akan memberikan berbagai manfaat, seperti menurunkan stres, menjaga berat badan, dan menjaga tekanan darah serta gula darah yang pastinya akan mendukung kesehatan ginjal.

Cara mencegah gagal ginjal tersebut bisa dicoba untuk memperlambat kerusakan ginjal pada penderita gagal ginjal kronis.

Namun, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan beberapa cara tersebut agar tidak menimbulkan efek samping tertentu.

Baca juga: 5 Stadium Gagal Ginjal Kronis yang Perlu Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com