Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Tersedak Bisa Menyebabkan Kematian?

Kompas.com - 07/03/2023, 19:30 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Tersedak adalah kondisi darurat medis yang sering kali disepelekan, padahal tak jarang bisa menyebabkan kematian.

Tersedak bisa terjadi pada siapa saja, tetapi kondisi ini paling rentan terjadi pada bayi, anak kecil, atau kalangan lansia.

Baca juga: 5 Penyebab Tersedak, Cara Mengatasi, dan Tanda Bahayanya

Dikutip dari Emedicine Health, kondisi ini berbahaya karena makanan atau benda lain yang kadung masuk ke mulut bisa menyumbat saluran pernapasan.

Akibat tersedak biasanya membuat orang batuk ringan. Tetapi, jika sampai terjadi penyumbatan total pada saluran napas, orang yang tersumbat bisa sesak napas sampai meninggal dunia.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut bagaimana tersedak bisa menyebabkan kematian.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Bayi Tersedak ASI

Bagaimana tersedak bisa menyebabkan kematian?

Bernapas adalah proses penting yang membuat kita tetap hidup. Proses ini melibatkan aktivitas menarik napas, menghirup campuran nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan gas lainnya.

Sementara itu, tersedak adalah bentuk gangguan yang menghambat kita bernapas dengan lancar.

Dikutip dari Emedicine Health, berikut proses tersedak bisa menyebabkan kematian:

  • Di paru-paru, oksigen memasuki aliran darah untuk melakukan perjalanan ke seluruh tubuh. Tubuh kita menggunakan oksigen sebagai sumber bahan bakar untuk membuat energi dari makanan yang kita makan. 
  • Karbon dioksida, produk limbah, memasuki aliran darah, dan berjalan kembali ke paru-paru untuk nantinya dikeluarkan saat kita menghembuskan napas.
  • Saat seseorang tersedak dengan jalan napas yang tersumbat total, tidak ada oksigen yang bisa masuk ke paru-paru. Seluruh tubuh akhirnya tidak mendapatkan pasokan oksigen untuk berfungsi dengan baik, termasuk otak. 
  • Otak yang sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen ini akan mulai mati dalam waktu 4-6 menit. Pada saat inilah pertolongan pertama harus dilakukan. Kematian otak bisa terjadi hanya dalam 10 menit setelah seseorang tersedak.

Baca juga: Cara Mengatasi Tersedak pada Diri Sendiri dan Orang Lain yang Benar

Tanda-tanda tersedak

Orang yang tersedak, baik anak kecil maupun orangtua membutuhkan bantuan segera sebelum berakibat fatal.

Jadi penting untuk kita mengenali tanda-tanda tersedak. Mengutip Medical News Today, berikut tanda-tanda tersedak yang harus diwaspadai:

  • Orang yang tersedak dalam banyak kasus akan mencengkram tangan ke tenggorokan sebagai respons ingin membersihkan sumbatan.
  • Ketidakmampuan untuk berbicara
  • Kesulitan bernapas
  • Bernapas yang becit
  • Batuk lemah
  • Wajah merah dan membengkak
  • Bibir atau kulit membiru
  • Penurunan kesadaran

Setelah menyimak bagaimana tersedak bisa menyebabkan kematian di atas, jangan lupa mengenali tanda bahaya tersedak dan segera beri pertolongan darurat.

Baca juga: Bayi 40 Hari Meninggal Tersedak Pisang, Kenali Fase Pemberian MPASI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com