Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2023, 10:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Scabies bisa terjadi lebih dari sekali. Namun, kenapa scabies bisa kambuh lagi?

Ternyata, gagal pengobatan karena mengaplikasikan krim yang tidak merata dan kurangnya upaya pembersihan barang-barang pribadi serta ruangan tidak dapat membunuh tungau scabies secara menyeluruh.

Akibatnya, tungau scabies dapat kembali menggigit penderita dan bersarang di bagian kulit yang lainnya.

Untuk lebih memahaminya, ketahui penyebab scabies kambuh lagi dan cara mencegahnya berikut ini.

Baca juga: Berapa Lama Bekas Scabies Hilang? Berikut Penjelasannya…

Kenapa scabies bisa kambuh lagi?

Scabies dapat kambuh lagi karena melakukan kontak dengan penderita atau lingkungan yang belum benar-benar bersih dari tungau scabies.

Melansir Verywell Health, proses penularan scabies sangat cepat. Pasalnya, Anda yang mengalami scabies dapat menularkan kepada anggota keluarga lainnya.

Jika tidak mendapatkan pengobatan untuk scabies, anggota keluarga lain tersebut dapat menularkan kembali kepada Anda meskipun sudah sembuh dari scabies.

Penderita yang terjangkit scabies kerap tidak menunjukkan gejala di awal, namun tetap dapat menularkannya pada orang lain.

Kondisi ini kemudian membuat proses penularan semakin cepat dan meningkatkan risiko penularan kembali pada penderita scabies yang sudah sembuh.

Tungau scabies juga dapat hidup hingga lima hari pada barang-barang di dalam rumah dan yang digunakan oleh penderita, termasuk handuk, seprai, dan pakaian.

Pembersihan secara menyeluruh dan mencuci barang-barang pribadi dengan menggunakan air panas sangat diperlukan untuk membunuh tungau scabies.

Jika tidak dibersihkan dengan baik, tungau scabies yang masih tersisa dapat hidup kembali ke kulit penderita meskipun sudah melakukan pengobatan.

Selain itu, pengobatan scabies yang dilakukan juga bisa gagal sehingga tungau scabies tidak bisa hilang sepenuhnya dan mengakibatkan infeksi ulang.

Menurut penelitian yang dimuat dalam The BMJ Journal pada tahun 2005, ada beberapa penyebab pengobatan scabies gagal yang umum ditemui, seperti:

  • Anak-anak atau bayi yang memiliki kebiasaan mengisap jari sehingga obat scabies di tangan menjadi tidak efektif
  • Orang dewasa yang mencuci tangan setelah mengoleskan krim scabies dan tidak mengaplikasikannya kembali
  • Tidak menjalani pengobatan secara menyeluruh karena mengalami kondisi kesehatan tertentu, seperti sedang hamil, memiliki penyakit kulit lainnya, dan pada bayi

Pengobatan yang gagal tidak dapat membunuh tungau scabies sepenuhnya sehingga penderita dapat menularkannya kembali ke orang lain dan mengalami infeksi ulang.

Baca juga: Cara Penularan Penyakit Scabies pada Manusia yang Perlu Diwaspadai

Cara mencegah scabies kambuh lagi

Scabies yang kambuh kembali akan menyebabkan gejala yang semakin parah sehingga melakukan tindakan pencegahan sangat diperlukan.

Melansir Patient Info, ada beberapa cara mencegah scabies kambuh lagi yang bisa dilakukan, seperti:

  • Mengoleskan obat scabies secara menyeluruh, termasuk di bagian punggung, telapak kaki, di sela-sela jari tangan dan kaki, di bawah kuku, dan di area organ intim, serta mengoleskannya pada kulit kepala dan wajah pada penderita yang masih kanak-kanak
  • Menggunakan setidaknya 30 gram krim atau 100 ml lotion untuk dioleskan pada penderita yang masih kanak-kanak, dan setidaknya 60 gram krim atau 200 ml lotion untuk penderita yang sudah dewasa
  • Mengoleskan krim atau losion di badan yang bersih dan kering setelah mandi menggunakan air dingin, bukan menggunakan air hangat
  • Membiarkan krim atau losion di badan tanpa membilasnya sesuai dengan anjuran yang diberikan
  • Menghindari aktivitas yang melibatkan banyak orang, seperti sekolah, hingga benar-benar selesai melakukan pengobatan
  • Mengaplikasikan losion atau krim kembali setelah mencuci tangan
  • Menyeka atau membilas puting dari krim atau losion sebelum menyusui dan mengaplikasikannya kembali setelahnya
  • Memasangkan sarung tangan pada bayi agar tidak terjilat atau hilang ketika mengisap jari
  • Mencuci barang-barang pribadi, seperti pakaian, seprai, dan handuk, dengan menggunakan air panas dan menjemurnya di bawah terik sinar matahari
  • Membersihkan semua sudut ruangan dengan menyapu dan menggunakan penyedot debu
  • Mendapatkan pengobatan yang diperlukan, seperti antibiotik, jika sedang mengalami infeksi kulit lainnya

Melakukan kontak kulit dengan penderita dan tidak melakukan pengobatan dengan benar adalah alasan umum kenapa scabies bisa kambuh lagi.

Untuk itu, melakukan tindakan pencegahan di atas sangat diperlukan sehingga scabies tidak kambuh kembali dan tidak ditularkan ke anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Kenapa Scabies Gatal pada Malam Hari? Berikut Penjelasannya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com