Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kulit Berjerawat Perlu Pelembap? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 30/07/2023, 08:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kulit kering memerlukan pelembap untuk mencegahnya semakin kering. Namun, apakah kulit berjerawat perlu pelembap?

Ternyata, kulit yang berjerawat tetap memerlukan pelembap meskipun produksi minyak yang dikeluarkan oleh wajah cenderung banyak.

Pelembap yang digunakan dapat mencegah kulit untuk menjadi terlalu kering sehingga justru akan memicu produksi minyak yang berlebihan.

Untuk lebih jelasnya, ketahui pentingnya penggunaan pelembap untuk kulit berjerawat dan cara memilih pelembap yang sesuai berikut ini.

Baca juga: 6 Makanan yang Memperparah Jerawat

Apakah kulit berjerawat perlu pelembap?

Anda yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak ternyata tetap dianjurkan untuk menggunakan pelembap.

Melansir American Academy of Dermatology Association (AAD), penggunaan pelembap sangat diperlukan karena beberapa kandungan produk perawatan wajah atau skincare untuk kulit berjerawat dapat membuat kulit menjadi sangat kering dan iritasi.

Beberapa kandungan produk untuk kulit berjerawat yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, yakni benzoil peroksida, asam salisilat, adapalene, tazarotene, atau tretinoin, dan isotretinoin.

Kulit yang terlalu kering akan memicu produksi minyak pada tubuh. Produksi minyak yang berlebihan dapat menumpuk dan menutup pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat yang lebih banyak.

Selain mencegah kulit menjadi terlalu kering, penggunaan pelembap pada kulit berjerawat juga memberikan manfaat yang lainnya.

Dilansir dari WebMD, manfaat pelembap untuk kulit berjerawat, yakni:

  • Memberikan lapisan kelembapan pada permukaan kulit sehingga produksi sebum atau zat berminyak pada kulit berkurang
  • Mengikat kelembapan pada lapisan terdalam kulit hingga lapisan terluar kulit
  • Menenangkan kulit sehingga terhindar dari dehidrasi

Selain mencegah kulit untuk menjadi terlalu kering, penggunaan pelembap pada kulit yang berjerawat bisa memberikan manfaat lainnya.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Jerawat Melalui Kebiasaan Baik

Cara memilih pelembap untuk kulit berjerawat

Meskipun dapat memberikan manfaat untuk kulit berjerawat, pemilihan pelembap yang tepat sangat diperlukan.

Untuk mencegah jerawat menjadi lebih parah, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebagai cara memilih pelembap untuk kulit berjerawat, seperti:

  • Tidak mengandung minyak atau oil-free
  • Tidak menyebabkan komedo atau non-comedogenic
  • Tidak menyumbat pori

Selain itu, ada juga beberapa kandungan yang perlu dihindari ketika memilih pelembap untuk kulit berjerawat, seperti tambahan pewangi, paraben, asam salisilat, dan asam retinoid.

Beberapa bahan tersebut dapat menyumbat pori, menyebabkan reaksi alergi, dan memicu iritasi sehingga memahami apakah kulit berjerawat perlu pelembap atau tidak sangatlah penting agar kulit semakin sehat.

Ternyata, pelembap perlu digunakan setiap hari sekitar dua hingga tiga kali sehari. Namun, penggunaan setelah mandi lebih disarankan agar tidak membuat kulit kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com