Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Hepatitis B Bisa Sembuh? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 01/08/2023, 19:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Hepatitis B adalah serangan virus yang dapat memicu terjadinya inflamasi pada lever atau hati. Namun, apakah hepatitis B bisa sembuh?

Ternyata, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan hepatitis B dan penderita dapat mengalami kondisi ini dalam jangka panjang.

Meskipun begitu, hepatitis B dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi dan diatasi dengan melakukan perawatan serta pengobatan secara medis.

Untuk lebih memahaminya, ketahui penjelasan dan cara mengatasi hepatitis B berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hepatitis B, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Apakah hepatitis B bisa sembuh?

Belum ada pengobatan khusus untuk hepatitis B sehingga kondisi ini tidak bisa disembuhkan secara total.

Melansir Healthline, penderita yang mengalami hepatitis B akut umumnya mengalami kondisi ini dalam waktu yang lebih singkat dan dapat sembuh ketika sistem imun berhasil melawan virus Hepatitis B.

Penderita yang sudah sembuh dari hepatitis B akut akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga tidak akan mengalaminya lagi.

Sebaliknya, sistem imun yang tidak dapat melawan virus hepatitis B akan memicu terjadinya hepatitis kronis yang berlangsung dalam waktu yang lebih lama, bahkan seumur hidup.

Meskipun begitu, tidak semua penderita akan mengalami hepatitis B kronis karena risiko hepatitis B kronis dipengaruhi oleh usia penderita.

Pasalnya, anak-anak yang mengidap hepatitis B sebelum usia lima tahun memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami hepatitis B kronis.

Sedangkan orang dewasa umumnya memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami hepatitis B kronis.

Berbeda dengan hepatitis B akut, tidak ada obat khusus yang dapat menyembuhkan hepatitis kronis. Namun, perawatan dan pengobatan yang dilakukan dapat mengurangi gejala yang muncul.

Baca juga: Apa Penyebab Hepatitis B Melonjak? Ini Kata Ahli…

Cara mengatasi hepatitis B

Cara mengatasi hepatitis B akan tergantung dari kondisi yang dialami oleh penderita.

Dilansir dari Cleveland Clinic, beberapa pengobatan dan perawatan yang akan dilakukan menurut kondisi penderita sebagai cara mengatasi hepatitis B, yakni:

  • Tindakan pencegahan

Mendapatkan vaksin dan imunoglobulin hepatitis B sebagai tindakan pertama setelah terpapar dengan virus untuk mencegahnya bertambah serius.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com