Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mencegah Hepatitis C, Termasuk Tidak Berbagi Barang Pribadi

Kompas.com - 01/08/2023, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber WebMD,WHO

KOMPAS.com - Hepatitis C adalah inflamasi pada lever atau hati yang dapat bertambah serius dan menyebabkan sirosis dan kanker hati jika tidak segera ditangani.

Berbeda dengan jenis hepatitis lainnya, vaksin hepatitis C tidak tersedia sehingga tindakan pencegahan yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari penggunaan barang yang dapat menularkan hepatitis C melalui darah.

Beberapa barang yang perlu dihindari, seperti jarum suntik yang digunakan bersama dan barang-barang pribadi yang dapat memicu pendarahan, seperti pisau cukur dan sikat gigi.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara mencegah hepatitis C berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hepatitis C, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Cara mencegah hepatitis C

Virus hepatitis C dapat ditularkan dengan mudah melalui darah penderita. Bahkan, paparan darah dalam jumlah yang sedikit dapat menularkan penyakit ini.

Melansir WebMD, ada beberapa cara mencegah hepatitis C yang bisa dilakukan, seperti:

  • Tidak berbagi jarum suntik

Berbagi jarum suntik memiliki risiko yang sangat tinggi untuk dapat menularkan hepatitis C, khususnya ketika menggunakan obat-obatan terlarang.

Bahkan, mengisap obat-obatan dalam bentuk bubuk dengan alat yang sama juga bisa menularkan penyakit ini karena risiko mengalami mimisan juga besar.

Meskipun beberapa orang tidak mengalami pendarahan, droplet atau percikan darah dapat masuk ke dalam alat yang digunakan dan ditularkan kepada orang lain.

Baca juga: 3 Penyebab Hepatitis C dan Faktor Risikonya

  • Menghindari paparan darah

Melakukan kontak dengan darah atau produk yang mengandung darah, meskipun sudah kering, juga dapat menularkan hepatitis C.

Kondisi ini sering dialami oleh petugas kesehatan yang melakukan kontak langsung dengan darah.

Untuk itu, alat-alat yang digunakan untuk mengambil darah perlu dibuang dengan aman dan melalui proses sterilisasi yang baik untuk mencegah penularan hepatitis C.

  • Tidak berbagi barang pribadi

Beberapa barang pribadi yang sering digunakan sehari-hari dapat memicu pendarahan, seperti pisau cukur dan sikat gigi.

Darah yang menempel, meskipun hanya sedikit, dapat menularkan hepatitis C sehingga disarankan untuk tidak menggunakan barang-barang pribadi tersebut secara bersamaan.

Anda yang mengidap hepatitis C juga diimbau untuk selalu menggunakan barang-barang pribadi dan menyimpannya dengan baik agar tidak digunakan oleh orang lain, khususnya anak-anak.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com