Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kombucha Dapat Turunkan Gula Darah Pasien Diabetes, Kok Bisa?

Kompas.com - 03/08/2023, 15:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kombucha dikenal sebagai minuman teh fermentasi dengan rasa yang menyegarkan. Selain nikmat dikonsumsi, kombucha juga bisa dijadikan sebagai alternatif penurun gula darah pada pasien diabetes.

Manfaat kombucha dalam menurunkan gula darah diabetesi dibuktikan oleh para peneliti di Fakultas Kesehatan Georgetown University, Nebraska-Lincoln University, dan MedStar Health yang ditayangkan di jurnal Frontiers in Nutrition.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kombucha dalam menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.

Baca juga: Kombucha Minuman Sehat, Mitos atau Fakta?

Kombucha turunkan gula darah pasien diabetes, kok bisa?

Penelitian terhadap kombucha dilakukan dengan mengamati efek konsumsi teh fermentasi ini setiap hari dalam empat minggu.

Data menunjukkan bahwa konsumsi kombucha menyebabkan penurunan kadar glukosa darah puasa sebanyak 30 miligram (dari 164 menjadi 116 miligram).

Perlu Anda ketahui, American Diabetes Association merekomendasikan kadar gula darah sebelum makan yaitu sekitar 80-130 mg/dL.

Itu artinya, penderita diabetes yang mengonsumsi kombucha dapat memiliki kadar glukosa normal dan terhindar dari komplikasi akibat gula darah tinggi.

Ahli nutrisi Kelsey Costa kepada Healthline menyatakan bahwa kombucha terdiri dari 3 komponen utama yaitu bakteri asam laktat, bakteri asam asetat, dan ragi yang masing-masing memiliki manfaat tersendiri.

Asam laktat yang terkandung pada kombucha tersebut bisa menurunkan kadar glukosa karena mencegah penyerapan gula setelah makan.

Kemudian, asam asetat terbukti menunda pengosogan lambung dan menurunkan kadar glukosa puasa pada pasien diabetes.

Lebih lanjut, Costa mengatakan bahwa ragi pada kombucha berkontribusi pada metabolisme glukosa.

Baca juga: 5 Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Penting diperhatikan bahwa kombucha tidak selalu dibuat dengan cara yang sama.

Beberapa produsen mungkin menambahkan gula atau pemanis tambahan yang justru dapat meningkatkan kadar glukosa darah pada pasien diabetes.

Gula tambahan pada kombucha dan aneka minuman lainnya juga dapat meningkatkan risiko obesitas, hati berlemak, hingga penyakit jantung.

Apa manfaat kombucha selain menurunkan gula darah pasien diabetes?

Tak hanya menurunkan kadar gula darah penderita diabetes, Kelsey Costa menyebut bahwa kombucha juga mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, terutama yang dibuat dari teh hijau dan teh merah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com