Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Badan Lelah meski Tidur Cukup di Malam Hari

Kompas.com - 12/09/2023, 15:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa lelah dan lemas di pagi hari meski sudah tidur delapan jam saat malam? Kondisi ini bisa menjadi hal menjengkelkan, terutama jika harus bekerja atau melakukan beragam aktivitas lainnya. 

Dilansir dari Sleep Foundation, tubuh sebenarnya melakukan proses perbaikan dan pemeliharaan saat kita tidur di malam hari. Hal ini membuat kita akan merasa segar dan bugar setelah mendapat waktu tidur yang cukup.

Sayangnya, ada beberapa orang yang justru masih merasa lelah meski sudah tidur malam yang cukup. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui penyebab badan lelah meski tidur cukup di malam hari.

Baca juga: 6 Vitamin untuk Badan Lemas, Ada Vitamin B12 dan Vitamin D

Apa penyebab badan lelah meski tidur cukup di malam hari?

Melansir dari Cleveland Clinic, Marri Horvat, seorang spesialis gangguan tidur mengatakan bahwa ada penyebab fisik dan mental yang bisa memicu seseorang tetap merasa lelah meski kita sudah tidur nyenyak di malam hari.

Berikut beberapa hal yang bisa membuat kita merasa lelah meski sudah tidur nyenyak di malam hari:

  • Gangguan tiroid

Dalam beberapa kasus, rasa lelah setelah terbangun dari tidur bisa menjadi tanda adanya masalah pada kelenjar tiroid. Secara khusus, bahwa kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Ini terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid, yang pada gilirannya memperlambat metabolisme dan dapat menyebabkan kelelahan terus-menerus.

  • Pola makan

Makan dalam porsi besar sebelum tidur bisa mengganggu kualitas tidur kita.

Horvat juga mengatakan bahwa minum alkohol empat jam sebelum tidur bisa menyebabkan kualitas tidur menurun.

"Meskipun alkohol mungkin terasa membantu Anda tertidur, alkohol sebenarnya menyebabkan fragmentasi tidur Anda dan mengubah tahapan tidur Anda,” ucap Horvat.

Pada akhirnya, kondisi ini akan menurunkan kualitas tidur sehingga Anda bisa merasa kurang bugar di pagi hari.

Baca juga: Kenapa Badan Lemas? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Gangguan kesehatan mental

Stres dan gangguan kesehatan mental lainnya bisa membuat seseorang merasa lelah dan letih saat bangun di pagi hari,

Kondisi seperti kecemasan atau depresi bahkan dapat memicu seseorang merasa lelah di siang hari, meski sudah tidur cukup.

Selain itu, gangguan mood seperti gangguan bipolar atau gangguan disforik pramenstruasi juga bisa menyebabkan perasaan lesu di siang hari.

  • Anemia

Perasaan lelah yang terus-menerus juga bisa menjadi tanda anemia atau kekurangan sel darah merah. Kondisi ini bisa menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh.

Gejala anemia selain badan lelah yaitu kulit pucat, sesak napas, pusing, limbung, nyeri dada hingga peningkatan detak jantung.

Bahkan jika Anda tidur delapan jam penuh, penderita anemia akibat kekurangan zat besi dapat mengalami perasaan rendah energi, jika kondisinya tidak diobati

Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda sering merasa lemas meski sudah tidur cukup di malam hari. Dokter akan memeriksa dan mendiagnosis kondisi Anda untuk menemukan perawatan yang paling tepat.

Baca juga: Badan Lemas dan Kepala Pusing Gejala Penyakit Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com