Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ciri-ciri Amandel pada Anak Terganggu dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 11/10/2023, 07:30 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para orangtua ada baiknya mengenali beberapa ciri-ciri amandel pada anak terganggu. 

Untuk diketahui, amandel adalah organ kecil yang terletak di kanan kiri ujung belakang rongga mulut. Organ dengan nama lain tonsil ini bisa dilihat saat anak membuka mulut dengan lebar sambil menjulurkan lidahnya.

Fungsi amandel utamanya untuk menyaring mikroorganisme seperti bakteri dan virus, agar tidak masuk ke tubuh, serta membentuk antibodi untuk melawan kuman.

Baca juga: Kenali Apa itu Amandel, Fungsi, dan Penyakit yang Biasanya Menyerang

Meskipun memiliki fungsi untuk pertahanan tubuh, amandel pada anak terkadang mengalami gangguan kesehatan sehingga si kecil merasa sakit tenggorokan dan tidak enak badan.

Penyebab amandel pada anak terganggu umumnya karena infeksi bakteri dan virus, serta kurangnya menjaga kebersihan.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali beberapa gejala amandel pada anak mengalami gangguan dan cara mengobatinya lewat artikel berikut.

Baca juga: 3 Ciri-ciri Amandel Normal yang Perlu Kamu Ketahui

Ciri ciri amandel pada anak terganggu

Berbeda dari orang dewasa yang bisa menyebut dengan pasti rasa tidak nyaman pada tubuhnya saat sakit, anak terkadang sulit mengutarakan gejala penyakit yang dialaminya, termasuk saat terkena penyakit amandel.  

Disarikan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia dan MSD Manuals, berikut ini gejala amandel pada anak terganggu yang perlu diperhatikan para orangtua:

  • Muncul gangguan napas saat tidur

Gangguan napas saat tidur juga biasa disebut dengan OSAS (obstructive sleep apnea syndrome).

Anak yang menderita penyakit amandel umumnya mengalami OSAS yang ditandai dengan  sering mendengkur saat tidur, terlebih jika berlangsung lebih dari 3 hari dalam seminggu.

Selain tidur mendengkur, anak yang mengalami OSAS juga bisa tiba-tiba mengalami henti napas saat tidur yang ditandai dengan gelagapan dan kaget terbangun saat tidur.

  • Mengantuk berat di siang hari

Ciri-ciri anak mengalami masalah amandel selanjutnya yaitu adanya gejala mengantuk berat pada siang hari. Jika anak sudah bersekolah, maka prestasi belajarnya bisa menurun.

Hal ini dipengaruhi gangguan OSAS yang membuat istirahat tidak optimal, sehingga tubuh jadi mudah lelah di siang hari dan anak jadi tidak fokus belajar akibat amandel yang terganggu.

Perlu diketahui, untuk memastikan kembali adanya diagnosis OSAS perlu pemeriksaan khusus yang disebut polisomnografi (PSG).

  • Tidak nafsu makan

Gejala amandel pada anak lainnya yaitu anak jadi tidak nafsu makan karena kesulitan menelan makanan akibat amandel membengkak (hipertrofi amandel).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com