Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2023, 20:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Sejumlah wanita memiliki preferensi tertentu saat tidur. Ada yang nyaman tidur pakai bra, atau tidak pakai pakaian dalam.

Terlepas dari kebiasaan masing-masing wanita, tidur tanpa pakaian dalam ternyata memiliki potensi manfaat untuk kesehatan. 

Untuk lebih jelasnya, kenali beberapa manfaat tidur tanpa bra untuk kesehatan.

Baca juga: Tidur Tanpa Bra atau Pakai Bra, Mana yang Lebih Baik?

Apa saja manfaat tidur tanpa bra?

Secara umum dengan melepas bra sebelum tidur praktis membuat istirahat jauh lebih nyaman, mengurangi keringat, dan pernapasan jadi lebih lega saat tidur.

Disarikan dari HealthShots dan SleepBubble, berikut beberapa manfaat tidur tanpa bra yang sayang untuk dilewatkan para wanita:

  • Sirkulasi darah lebih lancar

Manfaat tidur tidak pakai bra yang pertama yaitu dapat membuat sirkulasi darah lebih baik. Ketika Kamu mengenakan bra yang terlalu ketat saat tidur, sirkulasi darah di bawah payudara terhambat, dan membuat bagian bawah dada sakit atau kurang nyaman. 

  • Tidur lebih nyenyak

Tidur tanpa bra pilihan yang baik karena bisa membantu wanita tidur lebih nyenyak. Sebuah riset di jurnal Chronobiology International menyebutkan, tidur pakai bra bahaya jika terlalu ketat karena mengganggu kenyamanan istirahat dan mengurangi kualitas tidur. 

  • Memperkecil risiko infeksi jamur dan bakteri

Jenis kain bra yang tidak menyerap keringat, ketika digunakan tidur saat cuaca panas atau wanita memiliki keringat berlebih, bisa meningkatkan risiko infeksi jamur dan bakteri. Dalam kondisi seperti ini, wanita lebih dianjurkan tidur tidak pakai bra.

  • Puting lebih sehat

Perlu diketahui, kulit puting sangat sensitif terutama saat bra yang digunakan kurang nyaman. Hal itu dapat membuat kulit puting tergesek, kering, gatal, atau nyeri. Untuk mencegahnya, wanita dianjurkan tidur tanpa bra agar puting lebih sehat.

Baca juga: Ukuran Bra dan Artinya

  • Mengurangi tekanan pada kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening terdapat di berbagai bagian tubuh, termasuk di bawah ketiak yang dekat payudara. Saat mengenakan bra terlalu ketat, kelenjar getah bening ini bisa tertekan dan menyebabkan pembengkakan kulit di sekitar area payudara.

  • Pernafasan lebih lega

Pakaian ketat, termasuk bra, terutama yang ukurannya terlalu ketat, dapat membuat napas kurang lega saat tidur. Untuk itu, Anda dapat memilih untuk melepas bra saat ingin tidur agar pernapasan lebih lega.

Baca juga: 4 Hal yang Terjadi saat Pakai Bra yang Tak Sesuai Ukuran

Tidur pakai bra boleh atau tidak?

Meskipun wanita dapat merasakan banyak manfaat tidur tidak pakai bra, tapi tidur pakai bra boleh atau sah-sah saja asalkan nyaman. Selain itu, ada sebagian wanita yang justru dianjurkan tidur pakai bra oleh ahli kesehatan.

Dikutip dari Sleep Foundation, tidur pakai bra yang pas juga dapat bermanfaat untuk membantu menyokong payudara dan mengurangi ketidaknyamanan saat tidur.

Pakar kesehatan merekomendasikan wanita tidur dengan bra saat menyusui, dalam masa pemulihan setelah operasi payudara, atau ukuran payudara relatif besar. 

Mungkin Kamu pernah mendengar, tidur pakai bra bahaya karena bisa mengganggu kesehatan payudara bahkan ada yang menyebutkan meningkatkan risiko kanker payudara. Perlu Kamu ketahui, hal itu tidak benar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com