Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi Asam Urat di Paha secara Alami dan Pakai Obat

Kompas.com - 12/11/2023, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya disebabkan oleh cedera harmstring, sakit atau nyeri di paha bisa menjadi salah satu tanda serangan asam urat.

Dilansir dari Cleveland Clinic, penyakit asam urat adalah jenis radang sendi menyakitkan akibat tingginya kadar asam urat atau senyawa nitrogen hasil metabolisme dari zat purin.

Baca juga: Apakah Asam Urat Memicu Diabetes? Simak Penjelasan Berikut...

Serangan asam urat atau gout umumnya terjadi pada ujung ibu jari kaki. Namun, penumpukan kristal asam urat bisa terjadi di sendi lainnya, termasuk pada persendian koksofemoralis yang terdapat pada paha.

Kondisi tersebut mengakibatkan nyeri paha, pembengkakan, dan keluhan medis lainnya.

Artikel ini akan membahas ciri-ciri dan cara mengatasi asam urat di paha secara alami dan pakai obat.

Apa ciri-ciri asam urat di paha?

Seperti disebutkan di atas, asam urat di paha bisa terjadi jika terjadi penumpukan uric acid pada persedian koksofemoralis.

Persendian koksofemoralis adalah persendian pangkal paha dengan paha merupakan persendian yang dibentuk oleh tulang femur (paha) dengan tulang pelvis (panggul).

Sama seperti di persendian lainnya, serangan asam urat di paha menyebabkan nyeri hebat, terutama pada malam hari.

Dilansir dari Yankes Kemkes, rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Baca juga: Apakah Sayuran Menyebabkan Asam Urat Tinggi? Begini Kata Dokter...

Selain nyeri, gejala asam urat di paha dapat berupa pembengkakan, sensasi panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit.

Kemudian, setelah gejala mereda dan sendi sudah tidak bengkak, kulit paha akan tampak bersisik, mengelupas, dan terasa gatal.

Pada beberapa kasus, asam urat sebenarnya tidak terjadi paha. Namun, serangan gout terjadi pada sendi sekitarnya, seperti lutut yang rasa sakitnya juga bisa menjalar ke paha.

Bagaimana cara mengatasi asam urat di paha secara alami dan pakai obat?

Disarikan dari Medical News Today dan Mayo Clinic, berikut beberapa cara mengatasi asam urat di paha secara alami dan pakai obat:

  1. Memposisikan kaki lebih tinggi dari dada, misalnya dengan meletakkan kaki di dinding kamar.
  2. Mengompres bagian yang nyeri dengan es batu untuk meredakan nyeri dan mengurangi peradangan.
  3. Minum air putih untuk mengurangi pembengkakan, melumasi sendi, mencegah pembentukan kristal asam urat, dan mengeluarkan asam urat dari tubuh melalui urine.
  4. Minum teh herbal seperti greentea dan chamomile yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk mengurangi nyeri.
  5. Konsumsi air lemon atau jus ceri yang tinggi vitamin C sehingga dapat meningkatkan pH (kadar keasaman) sehingga kondisi tubuh lebih basa dan kadar asam urat menurun.
  6. Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen, naproxen, indometasin, dan celebrex.
  7. Konsumsi obat kortikosteroid guna mengontrol peradangan, nyeri asam urat, dan mencegah kekambuhan.
  8. Konsumsi kelompok obat allopurinol, meliputi Lopurin dan Zyloprim untuk menurunkan kadar asam urat dalam jangka panjang.

Baca juga: 4 Buah-buahan yang Perlu Dibatasi Penderita Asam Urat

Pemberian obat untuk mengatasi asam urat di paha disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakitnya atau sesuai anjuran dokter.

Anda mungkin juga dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti membatasi konsumsi makanan tinggi purin. mengurangi asupan alkohol, dan mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com