Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Obat Sakit Perut Melilit Alami, Ada Jahe dan Cuka Sari Apel

Kompas.com - 08/12/2023, 13:30 WIB
Agustin Tri Wardani,
Ria Apriani Kusumastuti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sakit perut melilit merupakan kondisi kesehatan yang umum terjadi.

Penyebab sakit perut melilit dapat bermacam-macam, seperti adanya gangguan pencernaan, perubahan hormon, dan penyakit lain yang dimiliki.

Meskipun kerap sembuh dengan sendirinya, Anda dapat mempercepat proses penyembuhan ini dengan menggunakan obat sakit perut melilit alami.

Untuk lebih jelasnya, ketahui obat sakit perut melilit dan kapan perlu ke dokter berikut ini.

Baca juga: 14 Penyebab dan Cara Meredakan Nyeri Haid

Obat sakit perut melilit

Disarikan dari Verywell Health, berikut adalah beberapa obat sakit perut melilit alami yang patut dicoba.

  • Jahe

Jahe atau Zingiber officinale adalah tumbuhan akar harum yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit perut dengan keluhan melilit, mual, dan muntah.

Jahe tersedia sebagai ekstrak, tingtur, tablet hisap, suplemen, dan teh, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan jahe mentah untuk meredakan gejala pencernaan.

Caranya yaitu dengan menggunakan akar mentah untuk membuat teh jahe atau mengunyah potongan jahe segar yang sudah dikupas untuk membantu meredakan keluhan sakit perut, seperti mual.

Selain itu, olahan jahe berupa bir jahe dapat membantu menginduksi sendawa jika Anda mengalami gangguan pencernaan.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi saat Perut Kosong? Begini Penjelasannya...

  • Teh chamomile

Obat sakit perut melilit selanjutnya adalah teh chamomile. Apabila dikonsumsi secara teratur, teh ini dapat membantu mengobati sakit perut.

Hal ini dikarenakan chamomile memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan kondisi seperti gastritis, gastroenteritis, GERD, dan IBS yang merupakan penyebab sakit perut melilit.

Chamomile juga mengandung senyawa nabati yang dikenal sebagai polifenol yang dapat merilekskan sistem pencernaan, dan meredakan gejala gangguan pencernaan, seperti perut melilit, kram menstruasi, serta muntah.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu meringankan sakit perut yang terkait dengan gastritis kronis yang dapat menimbulkan gejala perut terasa melilit.

Pasalnya, cuka sari apel mengandung probiotik yang dapat membantu menormalkan bakteri lambung dan meredakan kembung, sakit perut, dan refluks yang disebabkan oleh infeksi H. pylori.

Anda dapat mengonsumi cuka sari apel dengan menambahkan air untuk menghindari peningkatan keasaman lambung dan membuat gejala GERD atau tukak lambung menjadi lebih buruk.

Baca juga: 6 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Jalan Kaki

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com