Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Sakit Pinggang pada Wanita secara Alami dan Medis

Kompas.com - 14/12/2023, 09:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Saking pinggang tidak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman, tetapi juga akan mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Pinggang yang terasa sakit umumnya dapat diatasi dengan melakukan perubahan kebiasaan, seperti mengubah posisi tubuh saat tidur dan duduk dengan punggung yang tegap.

Namun, sakit pinggang yang tidak kunjung membaik atau dialami oleh para wanita di atas 60 tahun perlu diatasi dengan konsumsi obat dan perawatan medis tertentu.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara mengatasi sakit pinggang pada wanita secara alami dan medis berikut ini.

Baca juga: 12 Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita, Tak Hanya Menstruasi

Cara mengatasi sakit pinggang pada wanita secara alami dan medis

Sakit pinggang yang dialami umumnya akan sembuh atau berangsur membaik dengan melakukan perubahan kebiasaan.

Namun, sakit pinggang yang serius atau dialami oleh wanita yang berusia di atas 60 tahun perlu diatasi dengan konsumsi obat atau perawatan medis lainnya.

Disarikan dari WebMD dan Mayo Clinic, berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit pinggang pada wanita secara alami dan medis.

  • Mengubah posisi tidur

Posisi tidur yang salah tidak hanya dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang, namun juga membuatnya semakin parah.

Untuk mengurangi rasa sakit yang muncul, Anda bisa mencoba untuk tidur menyamping dan meletakkan bantal di antara kedua lutut untuk mengurangi tekanan pada area punggung bagian bawah.

Baca juga: Kenapa Paha Sakit setelah Olahraga? Berikut 4 Penyebabnya...

  • Mengubah posisi duduk

Duduk dengan posisi tubuh yang salah dapat membuat pinggang terasa sakit, khususnya jika Anda duduk dengan waktu yang lama.

Anda dapat mengubah kebiasaan ini dengan duduk tegap dan memastikan bahwa pundak tetap rileks dan punggung menempel pada sandaran kursi.

  • Melakukan olahraga ringan

Pinggang yang sakit membuat Anda ingin beristirahat dan tidak melakukan aktivitas apapun. Namun ternyata, cara ini justru akan membuat rasa sakitnya bertambah parah dan tidak kunjung sembuh.

Untuk itu, Anda diimbau untuk tidak beristirahat terlalu lama, atau tidak lebih dari dua hari, dan melakukan olahraga ringan yang baik untuk punggung, seperti berenang, berjalan kaki, atau yoga.

  • Mengompres pinggang

Mengompres pinggang dapat mengurangi rasa sakit yang muncul dan inflamasi yang dialami karena cedera.

Anda bisa mencoba untuk mengompres area yang sakit dengan kompres dingin selama 20 menit dalam beberapa hari dan mengompresnya kembali dengan kompres hangat.

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Punggung Bawah dan Cara Mengatasinya

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com