Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Jerawat yang Bisa Dijajal

Kompas.com - 02/01/2024, 08:00 WIB
Agustin Tri Wardani,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih produk perawatan kulit atau skincare untuk wajah yang berjerawat harus diperhatikkan dengan tepat. Penggunaan produk skincare dengan kandungan yang salah, dapat memparah kondisi jerawat.

Masalah jerawat kerap menjadi persoalan kalangan orang mulai dari jerawat yang meradang, pori-pori tersumbat, wajah berminyak, hingga bekas-bekas jerawat yang mengangggu penampilan wajah.

Baca juga: Apakah KB Implan Dapat Menyebabkan Jerawat?

Persoalan ini dapat diatasi dengan baik menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan aktif yang membantu mengatasi masalah jerawat.

Artikel ini akan membahas macam-macam kandungan skincare yang bisa untuk menghilangkan jerawat.

Macam kandungan skincare untuk mengatasi jerawat

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini kandungan-kandungan skincare yang ampuh sembuhkan masalah jerawat.

  • BHA

Dilansir dari Perdoski, Beta Hydroxy Acid (BHA) merupakan senyawa asam yang berperan aktif dalam proses pengelupasan kulit.

BHA atau lebih dikenal dengan nama asam salisilat bisa larut dalam minyak sehingga dapat menembus permukaan kulit dan membersihkan sebum berlebih, serta mengurangi produksi minyak berlebih.

Cara kerja bahan ini hanya di lapisan epidermis sehingga proses eksfoliasi menggunakan  BHA dalam konsentrasi rendah dikategorikan aman.

BHA dikenal efektif dalam mengatasi masalah jerawat dan komedo. BHA juga diketahui berperan aktif dalam menjaga agar kadar minyak tidak berlebih pada kulit.

Walau proses eksfoliasi kulit menggunakan BHA tergolong eksfoliasi ringan, ada kemungkinan terjadi iritasi kulit terutama bila kita memiliki kulit sensitif. 

Baca juga: Kenapa Jerawat Gatal? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Hyaluronic Acid

Kandungan skincare untuk mengatasi jerawat berikutnya adalah Hyaluronic acid.

Skincare yang mengandung Hyaluronoic acid atau HA dikenal ampuh menghidrasi kulit karena memiliki keunggulan yang mampu menahan air dan menjaga keseimbangan kadar air tetap ideal.

Sebenarnya Hyaluronoic acid bisa di produksi sendiri oleh tubuh, namun kemampuan tubuh memproduksi HA secara alami menurun sehingga membuat kulit lebih mudah kering dan berkerut. 

HA bisa membantu merawat masalah kulit berjerawat karena bisa menyamarkan noda kehitaman seperti bekas jerawat pada kulit wajah.

Namun penggunaan HA ini tidak dianjurkan apabila terdapat jerawat yang masih meradang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com