Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Cara agar Cepat Tidur Setelah Minum Kopi yang Bisa Dijajal

Kompas.com - 08/01/2024, 19:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Minum kopi sering dijadikan cara mencegah kantuk, meningkatkan fungsi kofnitifm dan energi. Sayangnya, minum kopi bisa bikin susah tidur sehingga mengakibatkan lemas dan mengantuk pada keesokan hari serta insomnia. 

Oleh karena itu, penting mengetahui macam-macam cara agar cepat tidur setelah minum kopi.

Sebelum menyimak caranya, ketahui dahulu alasan mengapa minum kopi bikin susah tidur.

Baca juga: 4 Cara Minum Kopi di Pagi Hari yang Aman untuk Kesehatan

Mengapa minum kopi bikin susah tidur?

Minuman berkafein, termasuk kopi menjadi andalan untuk mencegah kantuk dan meningkatkan energi. Namun, minum kopi terlalu banyak, terutama pada malam hari bisa menyebabkan susah tidur.

Minum kopi bikin susah tidur karena kafein dapat memblokir adenosin, zat kimia pemicu tidur yang menyebabkan rasa lelah dan mengantuk.

Kafein tersebut menghalangi adenosin memasuki otak sehingga menyebabkan kita merasa terstimulasi, lebih berenergi, dan tidak mengantuk.

Dilansir dari Sleep Foundation, efek kafein biasanya dimulai setelah 30 menit seseorang minum kopi dan bisa bertahan sampai lima jam atau lebih lama sehingga menyebabkan susah tidur.

Jika Anda mengalami susah tidur akibat minum kopi, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi minuman ini.

Ada beberapa alternatif untuk mencegah kantuk dan meningkatkan energi selain minum kopi, misalnya berjemur di pagi hari, mempraktikkan kebiasaan tidur yang sehat dengan mengikuti jadwal tidur atau membersihkan kamar, olahraga teratur, dan tidur siang selama 20 menit.

Baca juga: Minum Kopi Bisa Mencegah Stroke? Berikut Penjelasannya...

Bagaimana cara agar cepat tidur setelah minum kopi?

Berikut beberapa cara agar cepat tidur setelah minum kopi yang bisa Kamu coba:

  1. Minum air putih sebelum dan sesudah konsumsi kopi. Hal itu mengingat, minuman kopi bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat Anda haus di malam hari, bahkan ketika tidur
  2. Hindari makan camilan saat minum kopi karena bisa menyebabkan masalah pencernaan yang membuat Kamu susah tidur
  3. Olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari demi meningkatkan kualitas tidur
  4. Latihan ringan, seperti jalan mengelilingi rumah, yoga, atau melakukan gerakan peregangan jika efek kafein setelah minum kopi masih terasa hingga malam hari
  5. Menjauhkan gawai, televisi, atau perangkat elektronnik lainnya yang bisa menjadi stimulan sehingga Anda mengalami insomnia
  6. Ciptakan suasana yang nyaman di kamar, seperti mematikan lampu, mengganti selimut atau seprai, dan memastikan udara lebih sejuk
  7. Membaca buku selama beberapa saat agar otot mata lelah dan dapat mudah terpejam
  8. Mandi air hangat bisa menjadi cara agar cepat tidur setelah minum kopi karena memberi efek relaksasi dan memicu rasa kantuk
  9. Mendengarkan podcast, musik, atau instrumen yang membuat Kamu merasa nyaman dan mendorong rasa kantuk
  10. Minum susu hangat untuk mengurangi efek kafein karena mengandung triptofan yang dapat memicu hormon untuk memancing rasa kantuk
  11. Gunakan minyak essential, seperti lavender untuk memberikan rasa nyaman dan meningkatkan kualitas tidur
  12. Jangan memaksakan diri untuk bisa memejamkan mata. Sebaliknya, Kamu bisa menuliskan semua yang ada di pikiran Anda di buku harian atau membuat rencana kegiatan di esok hari sambil minum air putih atau susu hangat.

Selain menerapkan cara agar cepat tidur setelah minum kopi seperti yang dipaparkan di atas, Kamu bisa juga membiasakan diri untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein di malam hari.

Menurut Sleep Foundation, waktu terbaik minum kopi yaitu delapan jam sebelum tidur. Jadi, jika Kamu biasanya tidur pada pukul 10 malam, sebaiknya jangan minum kopi setelah jam dua siang.

Baca juga: Apakah Penderita Asam Urat Boleh Minum Kopi? Berikut Penjelasannya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com