Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga 30 Menit Setiap Hari, Cukupkah untuk Turun Berat Badan?

Kompas.com - 15/01/2024, 16:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, 5 kali dalam seminggu. Namun, apakah durasi olahraga tersebut sudah cukup jika ingin menurunkan berat badan?

Berolahraga rutin adalah kebiasaan baik untuk kesehatan tubuh secara umum dan rencana penurunan berat badan.

Kombinasi antara pengaturan pola makan sehat dan olahraga rutin akan membantu kita turun 0.5 - 1 kilogram setiap minggu.

Sayangnya, kita tidak bisa memastikan berapa banyak bobot tubuh yang turun hanya dari olahraga 30 menit sehari saja. Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap cepat lambatnya proses penurunan berat badan.

Kita butuh membakar 3.500 kalori untuk bisa turun 0.5 kilogram berat badan. Nah, jika kita berolahraga 30 menit setiap hari kita mungkin bisa turun 0.6 kilogram seminggu. Walau hal ini juga bergantung pada jenis olahraganya.

Baca juga: 9 Tanda-tanda Anda Melakukan Olahraga Berlebihan

Jika jenis olahraganya adalah bersepeda sekitar 30 menit dengan kecepatan sekitar 10 km/jam, kita bakal membakar 400 kalori.

Jenis olahraga yang direkomendasikan untuk menambah pembakaran kalori adalah olahraga beban untuk membentuk otot. Bertambahnya jumlah otot akan membantu metabolisme bekerja dengan efisien.

Faktor yang punya pengaruh lebih besar dalam penurunan bobot tubuh adalah diet atau pengaturan pola makan.

Jika kita berolaraga tiap hari tapi tetap mengonsumsi makanan tinggi kalori, maka target pelangsingan tak akan tercapai. Demikian juga jika kita sering mengasup makanan mengandung gola, efek olahraga yang kita lakukan juga kurang terlihat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com