Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2024, 20:29 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Migrain merupakan jenis sakit kepala yang memiliki ciri khas rasa nyeri yang terlokalisasi di satu sisi kepala.

Migrain dapat dipicu oleh berbagai faktor yang berbeda dan dapat bervariasi antar individu. Salah satunya adalah makanan dan minuman yang bisa memicu nyeri.

"Meski beberapa makanan lebih mungkin memicu serangan migrain, penting untuk diingat bahwa kita tak boleh merasa bertanggung jawab atas serangan migrain," kata dokter spesialis klinik Thomas Berk, pakar nyeri kepala.

Pemicu migrain pada tiap orang sangat unik. Ada yang kambuh karena konsumsi kafein, ada juga yang karena kurang tidur, serta siklus menstruasi.

Berikut adalah 5 asupan yang paling sering memicu migrain.

Baca juga: 8 Obat Migrain Alami yang Praktis dan Bisa Dijajal di Rumah

1. Alkohol
Kebanyakan mengonsumsi alkohol memang bisa membuat kita sakit kepala, tetapi pada orang yang punya gangguan migrain, konsumsi kurang dari segelas wine pun sudah dapat membuat penyakitnya kambuh.

"Alkohol dikenal bisa menyebabkan vasodilation, yang menyebabkan pembuluh darah membesar," kata dokter spesialis saraf Danielle Wilhour.

Kandungan di dalam wine juga dikenal bisa memicu nyeri kepala, misalnya tyramine, yang juga bisa kita temukan dalam cokelat hitam dan keju tua.

Ilustrasi apa yang harus dilakukan setelah makan manis?Shutterstock/Solid photos Ilustrasi apa yang harus dilakukan setelah makan manis?

2. Cokelat
Hindari konsumsi cokelat jika kamu sering mengalami migrain.

"Kokoa berpengaruh pada pelepasan serotonin, yang memicu migrain. Selain itu dalam cokelat juga ada tryptophan yang juga terkait dengan migrain, walau hasil penelitian belum memastikannya," kata Wilhour.

Baca juga: Nikmati 11 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan

3. Kebanyakan kafein
Kafein bekerja dengan memengaruhi molekul adenosine dengan menghambat reseptor. Efeknya adalah pembuluh darah melebar, kelistrikan otak menurun, dan juga mengganggu tidur.

"Secara alami, saat serangan migrain terjadi peningkatan level adenosine. Selain itu bisa juga dipicu oleh konsumsi makanan tertentu," kata ahli saraf Dr.Teshamae Monteith.

Seperti halnya alkohol, kafein juga punya efek diuretik yang bisa memicu dehidrasi, yang gilirannya dapat membuat migrain kambuh.

4. Keju tua
Beberapa jenis keju tua (keju yang melalui proses pematangan selama jangka waktu tertentu sebelum dikonsumsi), mengandung tyramine, yang terbentuk selama proses fermentasi.

Makin tua usia keju, makin banyak kandungan tyramine-nya. Senyawa ini diketahui memengaruhi tenana darah dan pelepasan neurotransmiter yang terkait dengan migrain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com