Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengelola Stres dan Tegang dengan Aromaterapi

Kompas.com - 19/01/2024, 16:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Tekanan kehidupan sehari-hari menjadi pemicu stres, tegang, dan panik. Menghirup aromaterapi bisa membantu kita untuk kembali tenang dan stabil.

Stres memang harus diatasi, sebab kita akan bisa beraktivitas optimal jika kondisi mental dalam kondisi baik.

Psikolog Indah Sundari menyebutkan, stres bukan berarti harus dihilangkan, tetapi dikelola.

Menurutnya tingkat stres masyarakat Indonesia tinggi, tetapi jika tidak di-manage dengan baik bisa menjadi penyakit mental yang lebih fatal.

“Untuk mengatur stres itu bisa dimulai dengan merelaksasi pikiran, salah satunya dengan menggunakan aromaterapi sebagai inhaler. Dengan menghirup aromaterapi yang menyegarkan bisa membuat pikiran lebih tenang dan fokus,” jelasnya dalam acara peluncuran Plossa Mini di Jakarta (18/1/2023).

Aromaterapi merupakan wewangian yang berasal dari bahan-bahan alami seperti bunga, akar, atau dedaunan. Penelitian menunjukkan menghirup aromaterapi terbukti bisa mengurangi stres.

Baca juga: 5 Tempat Terbaik untuk Meletakkan Lilin Aromaterapi

Indah juga mengingatkan pentingnya melakukan latihan napas saat kita sedang merasa tegang.

Caranya adalah pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam lalu tahan tiga hitungan, embuskan napas perlahan lewat mulut. Ulangi latihan ini beberapa kali sampai merasa tenang.

"Relaksasi semacam pertolongan pertama ini bisa dipraktekkan dimanapun. Misalnya tiba-tiba panik, atau saat naik transportasi umum sesak enggak bisa ngapai-ngapain, nah itu bisa dipraktekkan," tuturnya.

Peluncuran Plossa Mini di Jakarta (18/1/2023).Dok Enesis Peluncuran Plossa Mini di Jakarta (18/1/2023).

Aromaterapi yang mudah dibawa

Chief Marketing Officer Enesis Group Ryan Tirta Yudhistira, mengatakan aromaterapi sudah dikenal sejak zaman dulu, baik dalam bentuk tradisional, difuser, hingga yang terbaru dalam kemasan yang mudah dibawa seperti Plossa.

Plossa, produk minyak aromaterapi multifungsi telah menemani masyarakat Indonesia sejak 2019, memperkenalkan inovasi terbarunya yaitu aromaterapi Plossa dalam ukuran mini yang mudah dibawa-bawa dan bisa diisi ulang.

"Plossa merupakan aromaterapi yang bisa dipakai untuk alat pijat, kerokan, roll-on, dan inhaler," kata Ryan.

Baca juga: Badan Lemas dan Kepala Pusing Gejala Penyakit Apa?

Plossa menawarkan racikan minyak aromaterapi alami dengan komposisi eucalyptus oil, peppermint oil, dan menthol oil.

"Kandungan aromaterapi di dalam produk ini bisa membantu mengatasi sakit kepala, pusing, susah tidur, mual, atau menyegarkan pernapasan, yang bisa mengurangi stres," katanya.

Selain sebagai inhaler, kemasan Plossa Mini juga bisa dimanfaatkan untuk menekan titik-titik akupresur.

"Ada beberapa titik akupresur yang bisa kita tekan-tekan, misalnya untuk mengurangi stres atau  membantu tidur lebih nyenyak. Ditambah dengan wangi aromaterapinya, itu akan lebih efektif," kata dr Newanda Mochtar Sp.AK, dalam acara yang sama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com