Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula di Pagi Hari

Kompas.com - 05/06/2024, 12:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Bangun tidur kurang lengkap rasanya jika belum minum kopi.

Selain menghindarkan dari rasa kantuk, minum kopi hitam tanpa gula di pagi hari ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh, seperti menurunkan risiko kanker, menurunkan berat badan, dan meningkatkan suasana hati.

Namun untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, Anda diimbau untuk minum kopi di antara pukul 09.30 hingga pukul 11.00 di pagi hari.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat kopi hitam tanpa gula di pagi hari dan waktu yang baik untuk minum kopi berikut ini.

Baca juga: Kopi Tanpa Gula Sebaiknya Diminum Kapan? Berikut Penjelasannya…

Manfaat kopi hitam tanpa gula di pagi hari

Kopi hitam tanpa gula ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk saat diminum di pagi hari.

Disarikan dari Healthline dan WebMD, ada beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula di pagi hari, yakni:

  • Menurunkan risiko Alzheimer hingga 65 persen, khususnya jika minum kopi sebanyak tiga hingga empat cangkir sehari
  • Menurunkan risiko penyakit Parkinson dan mengurangi gejala yang muncul pada penderita penyakit Parkinson
  • Menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, dan liver, karena kandungan antioksidan pada kopi
  • Menurunkan risiko sirosis hari hingga 80 persen jika kerusakan yang dialami disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol, dan sebanyak 30 persen jika kerusakan bukan disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol
  • Meningkatkan suasana hati sehingga risiko depresi berkurang
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2, namun justru dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin pada penderita diabetes tipe 2
  • Menurunkan nafsu makan jika dikonsumsi sekitar 30 menit hingga empat jam sebelum makan sehingga berat badan dapat berkurang
  • Meningkatkan performa fisik dan ketahanan kardio jika diminum sebelum berolahraga

Minum kopi hitam tanpa gula umumnya aman untuk kesehatan dan tidak akan menimbulkan efek samping yang serius, termasuk saat diminum di pagi hari.

Meskipun begitu, beberapa orang yang lebih sensitif terhadap kafein mungkin akan mengalami efek samping tertentu meskipun hanya minum sedikit, seperti sakit perut, insomnia, dan peningkatan irama denyut jantung.

Minum kopi secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko efek samping yang mungkin lebih serius sehingga Anda diimbau untuk tidak minum kopi lebih dari empat gelas per hari.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi Setiap Hari? Berikut Penjelasannya…

Waktu yang baik untuk minum kopi

Minum kopi tanpa gula di pagi hari dapat meningkatkan kadar kortisol sehingga Anda akan terhindar dari rasa kantuk dan lebih berenergi.

Namun, kadar kortisol di dalam tubuh di pagi hari lebih tinggi sehingga minum kopi akan menimbulkan efek samping tertentu, seperti kecemasan, tubuh gemetar, atau mudah marah.

Dilansir dari Cleveland Clinic, kadar kortisol yang terlalu tinggi dalam jangka panjang, termasuk karena kafein pada kopi, dapat meningkatkan inflamasi yang memicu kerusakan sel.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, Anda perlu menghindari konsumsi kopi terlalu pagi atau terlalu siang.

Waktu yang baik untuk minum kopi yang disarankan adalah di antara pukul 09.00 hingga pukul 11.00 di pagi hari.

Pada jam tersebut, kadar kortisol akan mulai berkurang sehingga tubuh bisa mendapatkan lebih banyak manfaat kafein pada kopi.

Meskipun begitu, tidak ada waktu terbaik untuk minum kopi karena masing-masing orang memiliki metabolisme kafein dan tingkat sensitivitas terhadap kafein yang berbeda-beda.

Artinya, Anda tetap bisa mendapatkan beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula di pagi hari dan tidak akan mengalami efek samping yang serius.

Untuk itu, perhatikan respons tubuh setelah minum kopi agar bisa menghindari atau menghentikan konsumsinya jika diperlukan.

Baca juga: Apa yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Kopi? Ini 8 Daftarnya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com