Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Asam Lambung Bisa Minum Kopi? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 31/05/2024, 17:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Penderita asam lambung perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman agar gejala yang dialami tidak bertambah serius. Namun, apakah asam lambung bisa minum kopi?

Ternyata, beberapa penderita asam lambung diimbau untuk menghindari atau membatasi konsumsi kopi karena bisa memperparah gejala yang dialami.

Namun, beberapa penderita asam lambung lainnya mungkin tidak akan mengalami gejala yang lebih serius setelah minum kopi sehingga tidak perlu membatasi asupan kopi.

Untuk lebih jelasnya, ketahui efek samping minum kopi bagi penderita asam lambung dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi Setiap Hari? Berikut Penjelasannya…

Apakah asam lambung bisa minum kopi?

Ternyata, beberapa penderita asam lambung diimbau untuk menghindari atau membatasi konsumsi kopi karena bisa memperparah gejala asam lambung yang dialami.

Dilansir dari Healthline, kafein pada kopi dapat melonggarkan katup yang terletak di antara kerongkongan dan lambung, atau lower esophageal sphincter (LES).

Longgarnya LES ini akan membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan gejala asam lambung, perasaan terbakar di area dada, nyeri perut, sulit menelan, atau mual.

Meskipun begitu, beberapa orang yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari mungkin tidak akan mengalami gejala asam lambung yang lebih serius.

Beberapa penelitian yang sudah ada memberikan hasil yang berbeda sehingga belum bisa dikatakan bahwa kopi menyebabkan asam lambung naik.

Memperhatikan respons tubuh setelah minum kopi sangatlah penting agar bisa mengetahui apakah seseorang perlu membatasi atau menghindari konsumsi kopi jika memiliki asam lambung.

Artinya, Anda yang mengalami gejala asam lambung yang lebih serius diimbau untuk menghindari konsumsi kafein, termasuk dari kopi dan teh.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Minum Kopi Sebelum Makan? Berikut Penjelasannya…

Mengatasi asam lambung naik karena kopi

Efek kafein akan mulai dirasakan dalam 15 menit setelah minum kopi. Namun, kafein akan bertahan di dalam aliran darah hingga 10 jam.

Anda yang memiliki asam lambung mungkin akan mengalami gejala yang menyebabkan rasa tidak nyaman setelah minum kopi sehingga mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Selain menunggu hingga efek kafein hilang, ada bisa mengonsumsi beberapa jenis obat untuk asam lambung.

Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung naik karena kopi, seperti:

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com