Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suplai ASI Seret di Malam Hari

Kompas.com - 10/01/2012, 09:06 WIB

TANYA : 

Saya seorang ibu yang memiliki anak umur 3 bulan. Produksi asi saya tidak banyak padahal saya sudah makan sayur-sayuran hijau dan minum jus daun pepaya. Kalau  malam hari, ASI saya tidak keluar banyak ya, padahal di banyak literatur saya membaca bahwa ASI justru banyak berproduksi oleh tubuh pada malam hari? Bagaimana solusinya  agar ASI saya banyak. Sedih melihat anak kalau malam hari menangis gara-gara harus menunggu susu formulanya dingin, makasih atas jawabannya.

(Tika, 30 Magelang)

JAWAB :

Halo Bunda,

Betul sekali bahwa hormon prolaktin yang berperan pada produksi ASI, banyak diproduksi di malam hari. Tetapi prinsip produksi ASI itu supply by demand. Dengan kata lain, ASI akan diproduksi apabila payudara disusui oleh bayi, dan atau diperah.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan produksi Air Susu Ibu, akan banyak membantu apabila payudara banyak disusui langsung pada malam hari.  

Makan makanan bergizi dengan menu seimbang juga sangat disarankan untuk ibu menyusui. Tetap semangat ya bunda,, :)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com