Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2013, 13:33 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber WebMD


KOMPAS.com — Setiap hari kita hidup dengan stres. Namun, bagaimana kita bereaksi terhadap stres sehari-hari?

Bagi sebagian orang, stres dapat menyebabkan mereka mudah tersinggung, mudah marah, atau tidak mampu berkonsentrasi saat mengerjakan tugas. Sebagian lagi mengalami masalah untuk tidur, bahkan ada juga yang berimbas pada pola makan yang tidak sehat.

Reaksi menghadapi stres menentukan pengaruhnya terhadap hidup kita. Kabar baiknya, kita dapat mengatur stres untuk mengindari dampaknya yang merugikan bagi hidup kita. Berikut adalah 6 kiat untuk mengatur stres.

1. Tentukan penyebab stres

Mencoba menentukan penyebab stres akan membuat kita lebih mudah untuk meminimalkan dampaknya. Stres dapat disebabkan beragam hal misalnya rasa lelah, jenuh, atau tersinggung.

2. Berbagi beban

Bicarakan stres yang dialami pada teman, anggota keluarga, atau psikolog jika kadar stres dirasakan terlalu tinggi. Membicarakan stres akan membantu meringankan beban. Dan sebaiknya hindari menyalahkan atau menuduh orang lain demi kesehatan mental Anda.

3. Miliki "me time"

Sebelum kembali beraktivitas, gunakan waktu beberapa saat untuk menyendiri. Temukan kekuatan diri dan penyembuhan emosi.

4. Tentukan batas

Jangan ragu untuk mengatakan tidak sebelum membuat kewajiban. Hidup memerlukan kesimbangan, pekerjaan maupun keluarga. Jangan biarkan kewajiban bekerja menyita waktu bersama keluarga sehingga menimbulkan stres.

5. Atur napas

Sering kali saat cemas atau marah, napas menjadi pendek-pendek dan tidak teratur. Maka mengatur napas dapat membuat pikiran lebih rileks dan damai. Tarik napas dalam-dalam, tahan lima hitungan, dan hembuskan pelan-pelan. Ulangi beberapa kali setiap hari.

6. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan sekresi endorfin, senyawa kimia dalam otak yang menciptakan perasaan damai. Penelitian menunjukkan, olahraga juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menurunkan ketegangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com