Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2013, 10:28 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber Daily Mail


KOMPAS.com-Konsumsi kacang-kacangan selama masa kehamilan bukan saja bermanfaat untuk meningkatkan asupan gizi ibu hamil, melainkan juga dapat menekan risiko anak yang dilahirkan dari alergi kacang..

Menurut hasil penelitian, anak berisiko lebih rendah mengalami alergi kacang jika ibu rutin mengkonsumsi panganan kaya protein tersebut di masa kehamilan. Para peneliti menambahkan, konsumsi kacang juga tidak akan membahayakan janin dalam kandungan.

Riset ini juga bertentangan dengan anjuran kepada ibu hamil untuk menghindari kacang, terutama bila ada riwayat alergi seperti eksim atau asma. Hal ini dikarenakan kekhawatiran sang bayi akan mengalami sensitivitas terhadap kacang. Satu dari tujuh orang yang sensitif terhadap kacang pada akhirnya mengalami alergi.

Namun kini sebagian dokter menilai, kacang-kacangan bukanlah ancaman bagi para ibu hamil, terutama pada mereka yang tidak memiliki alergi kacang.

Dalam riset terbaru, para peneliti melibatkan  8.205 anak. Sebanyak 308 responden mengalami alergi makanan, dengan 140 orang di antaranya alergi terhadap kacang-kacangan. Kacang-kacangan ini antara lain almond, cashew, hazelnut, dan pistachio.

Hasil penielitian yang dimuat jurnal JAMA Pediatrics itu menunjukkan, anak yang ibunya mengkonsumsi kacang lima kali per minggu atau lebih, berisiko terendah mengalami alergi.

Menurut pimpinan riset, Lindsay Frazier dari Dana-Farber Children’s Cancer Center, Boston, Amerika, riset ini mendukung hipotesis yang menyatakan, paparan alergen pertama kali meningkatkan kecenderungan untuk toleran. Paparan ini menekan kemungkinan risiko alergi makanan saat belum dewasa.

Hal senada diungkapkan Ruchi Gupta dari  Northwestern University Feinberg School of Medicine, Chicago. Menurutnya, wanita tidak seharusnya menjalani diet ketat selama masa kehamilannya.

“Tentu saja wanita yang alergi kacang harus seterusnya menghindari kacang. Namun wanita yang tidak alergi sebaiknya jangan mengeluarkan kacang dari pola makannya. Kacang adalah sumber yang baik untuk protein dan asam folat. Konsumsi keduanya mencegah kecacatan tabung saraf dan sensitivitas terhadap kacang,” kata Gupta.

Namun ada pula peneliti yang meragukan hasil riset ini. “Hasil studi ini menarik, namun bertentangan dengan beberapa penelitian lain, yang menunjukkan tak ada efek dari konsumsi kacang selama kehamilan atau pun adanya potensi risiko dari peningkatan konsumsi kacang,” kata konsultan alergi anak di Guy’s and St Thomas’s NHS Foundation Trust, Adam Fox.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com