Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2014, 08:26 WIB
Tanya:
Saya ingin sekali memberi ASI eksklusif pada bayi saya berumur tiga bulan, namun ASI tidak bisa keluar banyak. Terpaksa saya beri susu formula. Sebenarnya saya masih ingin memberi ASI tapi akhir-akhir ini bayi saya menolak puting saya. Bagaimana caranya agar ASI bisa keluar banyak dan bayi saya mau menghisap puting saya? Terima kasih atas sarannya.
Yeni Yulistantri, 36, Surabaya

Jawab:
Dear Ibu Yeni,
Sebelumnya terimakasih atas pertanyaan yang diberikan dan sepertinya memang pertanyaan Ibu ini juga merupakan pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh banyak ibu yang memiliki bayi. Kabar baiknya adalah Ibu masih bisa mengupayakan untuk bisa kembali menyusui atau biasa dikenal dengan istilah relaktasi.

Produksi ASI sebenarnya mengikuti bagaimana produksinya yang dikeluarkan dalam hal ini oleh bayi Ibu. Mengapa bayi Ibu lalu menolak menyusu pada payudara, hal ini dikarenakan bayi Ibu mencari aliran yang deras saat diberikan asupan. Ketika bayi minum dari botol, aliran yang akan masuk ke mulutnya akan menjadi deras dan ini membuat bayi akan lebih memilih pemberian melalu botol daripada proses menyusu ke payudara. Hal ini menyebabkan produksi ASI dari payudara Ibu perlahan mulai berkurang karena tidak terstimulasi dengan efektif saat menyusu. Bayi pun biasanya akan mencucu saat menyusu ke payudara sehingga proses pengeluaran ASI tidak efektif. Sehingga lama-lama payudara ibu ‘kalah’ dengan botol yang diberikan ke bayi.
 
Ibu masih bisa mengupayakan agar bayi mau kembali menyusu ke payudara dengan melakukan relaktasi. Untuk melakukan relaktasi ini sebaiknya memang Ibu dan bayi perlu didampingi dengan tenaga Konselor Menyusui untuk bisa berdiskusi bagaimana langkah-langkah yang akan dilakukan.

Kebetulan AIMI memiliki cabang di Jawa Timur dan Ibu Yeni bisa coba menghubungi langsung ke: Konseling AIMI Jatim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Tuban di nomor berikut: 087855575040

Semoga jawaban saya ini bisa membantu Ibu Yeni dan si kecil untuk bisa saling kembali menyusui dan menyusu ya. Mohon maaf jika ada salah kata.

Salam menyusui,
Nia Umar S.Sos, IBCLC
Konselor Menyusui - Wakil Ketua AIMI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com